Peduli Terhadap Nasib Petani, Dinas Pertanian Lakukan Peremajaan Sawit Petani

Daerah377 views

 

KOTABARU,kabarone.com- Desa Banjarsari dan Desa Bungkukan mendapatkan peramajaan kelapa sawit yang menggunakan sumber dana dari badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) yang di hadiri Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus di Aula Balai Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru, Rabu 12/2/2020.

Dalam sambutannya Bupati kotabaru mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan buah Sawit yang berkwalitas serta untuk memperkecil ukuran tanam dari pohon satu kepohon yang lain.

Untuk peremajaan ini Carilah bibit yang unggul agar menghasilkan buah sawit yang berkwalitas dan 5 meter untuk jarak tanam antar pohon agar bisa lebih banyak menghasilkan produksi tanamnya, harap Bupati.

Untuk bantuan yang telah kami berikan agar digunakan sebaik-baiknya, gunakan lah untuk modal guna mengembangkan usaha, jangan digunakan untuk membeli barang semisal mobil dan lain-lain, tidak.

Sementara itu Kepala Dinas pertanian Ir. Hairuddin mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program tahun 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dengan cara mengganti tanaman yang sudah 25 tahun keatas dan yang tidak jelas atal usul bibitnya serta produktivitasnya dibawah 10 ton pertahun per hektar.

Kedepannya nantinya kita coba manfaatkan lahan bawahnya nanti kita akan tanam padi gunung dan juga ternak misalnya, agar pendapatan masyarakat lebih maksimal, harap Hairuddin.

Dalam kesempatan itu Bupati kotabaru menyerahkan Bantuan Uang sejumlah 25 juta rupiah untuk masing masing petani pekebun, 32 org petani pekebun Desa Bungkukan, 78 org Desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *