Melestarikan Budaya warga Adakan Sedekah Bumi

Melestarikan Budaya warga Adakan Sedekah Bumi

320 views
0
SHARE

Lamongan,Kabarone.com – Warga Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur dengan semangat gotong royong mengadakan acara ritual Sedekah Bumi sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

acara tersebut diawali dengan pembacaan doa bersama-sama oleh para petani serta masyarakat mulai dari desa ke lokasi pindah di bawah pohon bambu.

Tamyis salah satu warga dalan kegiatan tersebut ketika di wawancarai Tim Wartawan kabarone.com mengatakan bahwasan nya, Tradisi sedekah bumi ini harus dilestarikan sebagai bentuk syukur atas nikmat dari Allah SWT kepada para petani dan masyarakat” ujar nya.

“Tradisi sedekah bumi ini wajib di lestarikan dan di tiru oleh generasi selanjutnya dan oleh masyarakat si desa-desa di Kabupaten lamongan, sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT.” ujar tamyis.

“Saya juga teringat ketika waktu kecil dengan jajanan yang ada di acara udik didikan uang,” tambahnya. Salam hormat kami dari warga Jetis sambung Rejo dulu 47 tahun yang lalu Semua warga Kalipang pindah ke Dusun Jetis sambung Rejo Desa sambangan”, imbuh nya.

Bertahun tahun tinggal di Dusun yang baru
tetapi tak sedikit pun berkurang rasa hormat warga kepada leluhur yang telah babat alas sampai berdiri Dusun KALIPANG
Rasa cinta kami akan nenek moyang dusun
Selalu kami memperingati hari , sedekah bumi alias nyadran .

Hal senada diungkapkan
oleh Kasun Kalipang Harmuji diri nya mengatakan,” terimakasih banyak kepada warga yang telah giat bersama sama
Mensukseskan acara sedekah bumi dalam sekalah keci, sebagai bentuk rasa syukur kami
terimakasih kasih Juga kepada kepala Desa sambangan Sulistyowati dan semua perangkat desa yang ikut serta hadir puncak acara sedekah bumi/nyadran,yang menarik dalam acara tersebut yakni tradisi yang hampir punah dan patut di lestarikan yakni budaya, “UDI UDI AN”.

Dalam bahasa Indonesia di kenal hujan uang koin buat anak-anak kecil dan yang beranjak dewasa. Sebagai pengingat apabila mereka tua nanti sehingga saat sudah dewasa ingat masa kecilnya . Kalau masa kecil nya selalu ikut tradisi Dan pasti merekalahG Penerus Bangsa.,”ujar Kasun. (As)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY