Polda Jateng Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke – 74 Secara Virtual

Daerah308 views

SEMARANG,kabarone.com – Ditengah masa pandemik, Jajaran Polri kali ini menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke – 74 secara virtual melalui live streaming/ video conference terintegrasi dengan Istana Negara dan Gedung Bareskrim Polri.

Presiden RI Joko widodo bertindak sebagai inspektur upacara, diikuti oleh seluruh jajaran Polda hingga Polres di seluruh Indonesia.

Seperti halnya di Polda Jawa Tengah, upacara ini berlangsung khidmat dihadiri antara lain Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kajati Jateng Priyanto dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol.Benny Gunawan yang dipusatkan di gedung Borobudur Mapolda Jateng.

“Hari ini kita telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari Bhayangkara ke-74, dimana rangkaian telah diawali dengan ajangsana, ziarah kemakam, kemudian puncaknya hari ini secara virtual langsung dipimpin bapak Presiden di Istana,” kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi usai upacara, Rabu (1/7/2020).

Dalam merefleksikan hari Bhayangkara dengan tema Kamtibnas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, Kapolda menekankan pelayanan publik kepada masyarakat akan ditingkatkan guna memberikan kontribusi pada pemerintah dalam menghadapi pandemic covid-19.

“Ini kita lakukan agar masyarakat betul-betul memahami dengan situasi ini, yaitu dengan jalan Polri hadir untuk menertibkan terkait dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Adapun sebelum memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, Kapolda mewajibkan personilnya untuk terlebih dahulu menjamin kesehatan dan bebas covid. Selain itu, pelayanan di kepolisian juga wajib menerapkan protap covid.

“Sebelum memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, Polri dulu harus aman, maka dari itu Direktorat Biddokes telah melakukan rapit test dan swab kepada anggota sampai ketingkat polsek, jadi kita sudah memberikan suatu test bekerjasama dengan beberapa pemerintah kota,” ujarnya.

Dari hasil penelusuran, Luthfi mengungkap terdapat satu anggotanya di Polsek Rembang yang positif.

“Sudah kita lakukan tracing keluarganya, kemudian Polseknya semuanya negatif,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku akan langsung mengecek temuan kasus covid di daerah Rembang tersebut.

“Transmisi lokal betul-betul diperhatikan, tadi sudah dijelaskan bapak Kapolda dengan sangat komplit, diminta bekerjasama forkopimda untuk saling mendukung, kita lakukan tracing sehingga penularannya kelihatan persis, hari ini saya mau ke Rembang untuk ngecek sekaligus ada dua tempat baik wilayah kerja provinsi dan Polda, kebetulan masing-masing ada transmisi lokalnya,” tandasnya.(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *