Serius Tingkatkan Sektor Wisata, Indocement Datangkan Tenaga Ahli Untuk Gowa Lowo

Wisata687 views

KOTABARU,kabarone.com- Sebagai wujud nyata ikut meningkatkan sektor pariwisata khususnya wisata Goa Lowo yang ada di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru, PT. Indocement kembali adakan Bimtek untuk Pokdarwis di areal Gowa Lowo, Rabu 26/8/2020.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement mendatangkan 2 tenaga ahli dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, dua narasumber tersebut yakni Dekan Fakultas Kehutanan ULM Dr. Kissinger, S. Hut, M.Si yang membahas berkaitan dengan aspek lingkungan pengelolaan wisata.

Dan Dr. Ir. Daniel Itta, M.S merupakan Dosen Fakultas Kehutanan ULM memberikan materi tentang kawasan pariwisata menunjang ekonomi daerah dan pengembangan kawasan ekonomi khusus, filosifi pengembangan pariwisata, kemajuan sektor pariwisata serta beberapa hal lainnya yang mendukung.

Dalam kesempatannya, Dr. Kissinger, S. Hut, M.Si mengatakan, bahwa sektor kepariwisataan dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata sebegaimana peraturan perundang-undangan Nomor. 90/990 tentang Kepariwisataan.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian seperti halnya pada segi ekonomi, ekologi dan juga sosial, diantaranya adalah berkenaan dengan peningkatan kepuasan pengunjung, peningkatan perekonomian masyarakat, penggunaan produk dan layanan wisata yang berbasis lingkungan, peningkatan kepedulian sosial dan peningkatan konsumsi produk lokal, tuturnya.

Disamping itu, ada faktor yang dapat menjadikan desa menjadi kawasan desa wisata yaitu, kerajinan, seni budaya, pertanian, peninggalan tokoh agama yang berbasis ritual dan keindahan alam lingkungan menjadi desa yang berbasis nuansa alam. Tentu hal itu tak lepas dari peran pemerintah, masyarakatnya dan juga pelaksana kawasan wisata tersebut.

Yang harus kita perhatikan juga adalah agar para wisatawan bisa betah saat berada di lokasi wisata tersebut, karena itu menjadi faktor pendukung penting dalam pengelolaan pengembangan sektor kepariwisataan. Lokasinya harus nyaman, pelayanan prima terhadap pengunjung yang datang, dan lain sebagainya, jelasnya.

Dapat disimpulkan olehnya, parawisata berkelanjutan merupakan manifestasi melindungi dan menjaga lingkungan, dan dari sisi kreatifitas, inovasi merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan pengelolaan lingkungan berbasis wisata ramah lingkungan.

Intinya dalam pengelolaan konsep kepariwisataan tetap mengedepankan konsep lingkungan yang baik sehingga ekosistem alam dapat berjalan sebagaimana mestinya dan juga dari segi pelayanan yang diberikan kepada pengunjung harus baik sehingga selain lokasi wisatanya, masyarakat juga merasa nyaman saat berada di kawasan tersebut, tambahnya.

Salah satu peserta Bimtek, H. Rafiansyah sangat apresiasi atas terselenggaranya pelatihan yang di prakarsai oleh Indocement dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan sektor pariwisata Goa Lowo.

Kendati demikian, pengelolaan kawasan wisata serta pelayanan terhadap pengunjng juga menjadi hal penting untuk dilakukan agar pengelolaannya semakin baik. Ia sangat mengapresiasi dengan kegiatan Bimtek Goa Lowo yang di fasilitasi oleh Indocement dan berharap kedepannya akan ada lagi pelatihan yang menunjang wisata Goa Lowo seperti kuliner, makanan khas daerah dan lainnya.

Sementara Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin menuturkan, Bimtek pengelolaan wisata berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Indocement pastinya pihaknya sangat apresiasi dengan baik, dan salah satu penunjangnya adalah sumber daya manusianya yang menjadi perhatian.

Menjadi harapannya, seluruh peserta dapat mengikutinya sehingga dapat diterapkan dalam mengelola Goa Lowo yang menjadi salah satu destinasi andalan Kecamatan Kelumpang Hilir khsusunya dan Kabupaten Kotabaru pada umumnya.

Saya atas nama Pemerintah Kecamatan mengucapkan terimakasih kepada Indocement yang telah mengadakan Bimtek semacam ini, tentunya hal itu merupakan wujud perhatian mereka kepada masyarakat dan utamanya dalam peningkatan dan pengembangan wisata Goa Lowo, ucapnya.

Mewakili management Indocement, Agus Rifani menjelaskan, dengan melihat antusias peserta pelatihan dan masyarakat Desa Tegalrejo, ia merasa bangga dengan kemajemukan warga setempat bersatu ikut memajukan wisata Goa Lowo sehingga nampak terlihat hasilnya saat sekarang,

Kemajuan suatu kawasan wisata pastinya tergantung dari masyarakat sekitarnya untuk melakukan pengelolaannya sehingga bukan hanya mendatangkan nilai positif bagi masyarakat saja namun juga bagi daerah, baik itu dari segi ekonomi, sumber daya manusianya dan pengembangannya kedepan, katanya.

Ia berharap pelaksanaan Bimtek ini dapat benar-benar diikuti dengan baik dan menjadi hal penting adalah kawasan objek wisata Goa Lowo dapat selalu terjaga sebagaimana harapan, dan seperti event-event sebelumnya, pihaknya tetap menjaga dan mentaati anjuran pemerintah berkenaan dengan protokol kesehatan dikarenakan wabah Pandemi Covid-19.

Goa Lowo tentu dapat dijadikan sebagai destinasi wisata andalan bagi daerah, dengan begitu akan mampu menjadi nilai plus bagi kemajuan pembangunan daerah, kawasan Goa Lowo juga harus tetap terjaga keasriannya, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *