Unik, Pemilihan Ketua RW 15 Green Park Jatimelati Serasa Pilkada

Unik, Pemilihan Ketua RW 15 Green Park Jatimelati Serasa Pilkada

504 views
0
SHARE

BEKASI,kabarone.com- Warga RW 15 Perum Green Park Kelurahan Jatimelati Bekasi belum lama ini menggelar pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) masa bakti 2020 – 2023.

Ada dua calon kandidat, untuk nomor urut 1 Novel Fajar Ristawan dan nomor urut 2 adalah M Yahya Yoenoes

Pesta demokrasi untuk memilih ketua RW perdana kali ini berlangsung unik dan terkesan menarik berbeda dengan pemilihan RW di wilayah lainnya.

Dimana umumnya pemilihan ketua RW dihelat berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) , namun pemilihan di RW 15 mengacu pada Keputusan Wali Kota (Kepwal) yaitu dengan menggunakan DPT KPU kemudian dengan berbekal surat suara, warga melakukan pencoblosan sehingga terkesan layaknya pilpres atau pilkada.

Keunikan sistem pemilihan Ketua RW 15 Jatimelati Bekasi, sangatlah dirasa oleh Dizafia Zafira (22) dan Mia Jessica (21) selaku panitia penyelenggara pemilihan Ketua RW tersebut.

Kedua mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang asal Jakarta yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Jatimelati ini merasa sangat berkesan.Mereka belajar banyak dari momen pemilihan ketua RW 15 Jatimelati Bekasi, salah satunya adalah saling membantu diantara masyarakat.

Dizafia mengatakan, baru kali ini ia telibat dalam pemilihan ketua RW yang ternyata sangat menarik. “Seru banget sih. Awalnya kaget kok pemilihan ketua RW 15 gak kayak di tempat lain. Tapi ternyata pas aku jalanin aku jadi belajar banyak hal,’ ujarnya.

Dia menyebut, panitia penyelenggaranya juga keren dan kreatif. ‘ Aku salut banget,” tukasnya.

Hal senada juga dikatakan Mia Jessica. “Pertama kali gabung jadi panitia penyelenggara pemilihan ketua RW jadi yang pasti berkesan banget sih buat aku. Uniklah pokoknya. Tetap menjalankan protokol pemerintah tapi ternyata ada aja caranya panitia bikin pemilihan itu jadi tetap produktif, “ kata Mia Jessica usai acara perhitungan surat suara.

Sementara itu, Bendahara Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW, Rosalin Ivonne Jhustina berpesan untuk panitia penyelenggara pada periode yang akan datang agar bisa menjadikan mement pemilihan ketua RW ini sebagai pelajaran dan menjadi lebih baik dari panitia sebelumnya.

Begitu pula Rizky Ananda, selaku Sekretaris panitia menyampaikan bahwa pemilihan Ketua RW dilakukan seperti itu agar menarik minat warga untuk berpartispasi dalam pemilihan Ketua RW 15.

Ia berpesan agar panitia penyelenggara selanjutnya bekerja dengan maksimal karena pemilihan ketua RW periode 2020-2023 ini akan menjadi acuan untuk warga dalam penyelenggaraan pemilihan ketua RW selanjutnya.

Meski ditengah pandemi Covid-19, Pemilihan Ketua RW 15 Kelurahan Jatimelati Bekasi pada Sabtu (25/7/2020) lalu berjalan sukses dan kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diantaranya panitia penyelenggara mengatur kursi agar berjarak dan membuat live streaming disaat proses perhitungan surat suara.(*)

Penulis : Dizafia Zafira
Mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY