Kreativitas Guru Di Tengah Pandemi, Arutmin Gelar Lomba Pembelajaran Secara Daring

Kreativitas Guru Di Tengah Pandemi, Arutmin Gelar Lomba Pembelajaran Secara Daring

197 views
0
SHARE

KOTABARU,kabarone.com- Lomba Kreativitas Pelaksanaan Pembelajaran Guru Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19 yang di gagas oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin memasuki babak final.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dugan Camp PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru Selamat Riyadi, S.Pd., M.Ed beserta staf, Selasa 12/1/2020.

Kegiatan dibuka langsung oleh Manajer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, dan ini cukup menarik perhatian karena banyak peserta, panitia dan dewan juri yang hanya kenal lewat dunia maya.

Ini adalah salah satu dampak dari kemajuan teknologi sekaligus dampak dari adanya Pandemi yang memaksa manusia berusaha mencari solusi dari permasalahan yang saat ini melanda dunia.

Manajer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Dedi Heriyanto mengatakan, bahwa ide pelaksanaan lomba ini adalah karena kondisi pandemic Covid-19 yang memaksa perlu di lakukannya pembelajaran online.

Apalagi sampai awal tahun inipun kegiatan pembelajaran secara fisik masih belum dapat dilakukan karena kasus covid -19 masih terus berlangsung, sementara itu anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh hilang kesepempatan menambah ilmu hanya karena tidak bisa melakukan sekolah fisik, ungkap Dedi.

Lanjut Dedi, disisi lain pembelajaran online juga masih memerlukan kerjasama dan perbaikan baik dari para orang tua, para guru dan murid-murid itu sendiri selain juga fasilitas pendukung, baik itu berupa handphone atau laptop serta jaringan internet.

Banyak keluhan yang terjadi dengan kegiatan sekolah secara daring dimana, masih ada tenaga pendidik yang belum beradaptasi dengan teknologi baru, selain itu banyak juga para orang tua yang salah kaprah, mereka ikut sibuk mengerjakan tugas-tugas pekerjaan rumah dan soal ujian yang seharusnya dikerjakan oleh putra putrinya dan kemudian berbangga hati karena nilai anaknya besar-besar, paparnya.

Ini merupakan fenomena yang terjadi saat ini yang merupakan tantangan baik bagi pendidik maupun bagi para orang tua dan siswa, guru jangan hanya memberikan tugas-tugas kepada murid secara online tanpa ada interaksi atau cara untuk memastikan dan menguji apakah muridnya benar telah menguasi atau hanya sekedar di bantu orang tua atau mencari jawaban dari mbah Google, ungkap Dedi.

Semoga dengan adanya langkah kecil kami melalui acara ini bisa memberikan manfaat bagi program pendidikan di lingkungan Tambang Senakin dan Kabupaten Kotabaru pada umumnya, imbuhnya.

Dedi juga mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru dan para dewan juri yang telah memberikan masukan dan kerjasama sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar sampai selesai.

Dengan adanya lomba ini diharapkan bisa memberi motivasi kepada guru-guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang mereka lakukan selama masa Pandemi ini, secara tidak disangka lomba ini banyak menarik minat guru untuk menjadi peserta dan mengirimkan video pembelajarannya, kata Dedi.

Pada babak final, setiap peserta dipersilahkan untuk mempraktekkan pembelajaran secara daring sebaik dan semenarik mungkin dan terstruktur sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sebelumnya telah disusun.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru Selamat Riyadi, S.Pd., M.Ed mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Arutmin Indonesia dan ini sangat berdampak positif terhadap guru-guru yang melakukan pembelajaran menggunakan media elektronik.

Dia juga berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan dimasa-masa yang akan datang yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi saat ini, katanya dengan singkat.

Setelah melalui penilaian oleh tim juri yang berjumlah 5 orang, maka terpilihlah para pemenang lomba sebagai berikut:
1. Hafiz Anshari, S.Pd dari SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir sebagai Juara I
2. Yuly Nirmawati, S.Pd dari SMP Negeri 1 Sungai Durian sebagai juara II
3. Nurul Hikmah, S.Pd dari SMA Negeri 1 Kelumpang Tengah sebagai juara III
4. Lailya Ayu Ahsanah S.Pd dari TK Negeri Pembina Kelumpang Tengah sebagai harapan I, dan
5. Kusriati, S.Pd dari SDN Sarang Tiung sebagai harapan II.

Sementara itu peserta favorit yang sebelumnya sudah terpilih berdasarkan “like” terbanyak di Facebook dan Instagram adalah sebagai berikut :
1. Lailya Ayu Ahsanah, S.Pd dari TK Negeri Pembina Kelumpang Tengah sebagai favorit 1
2. Norlia Fatmah, S.Pd dari SMK Negeri 1 Telagasari Kelumpang Hilir sebagai favorit 2
3. Andi Samti Jumriany, S.Pd dari SMA Negeri 1 Kelumpang Utara sebagai favorit 3.

Secara umum peserta puas dengan pelaksanaan kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa tetap dilaksanakan dimasa yang akan datang.(Hrp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY