Memiliki Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Kabupaten Kotabaru bisa Test sendiri.

Daerah460 views

KOTABARU,kabarone.com- Adanya Laboratorium PCR yang diresmikan langsung oleh Pelaksana harian (Plh) Bupati Kotabaru H Said Akhmad di Rumah Sakit Darurat Covid 19 yang terletak di Desa Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Jum’at 26/2/2021.

Tampak hadir juga pada acara peresmian ini, Forkopimda, Kepala SKPD, serta para tenaga kesehatan.

H Said Akhmad mengatakan, keberadaan Laboratorium ini merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan penanganan dan pengendalian covid 19 serta memutus mata rantai penularan di Kotabaru.

Dengan beroperasinya Laboratorium ini, lanjutnya, akan dapat memantapkan komitmen kita bersama, seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, serta organisasi kemasyarakatan, untuk berkontribusi mewujudkan Kotabaru bebas dari covid 19.

Dikatakan Said lebih jauh, Laboratorium ini nantinya akan dioperasikan seminggu 3 kali, yaitu hari Senin, Rabu dan Jum’at dan hal ini disebabkan karena masih dalam proses penyesuaian, setelah itu akan diupayakan bisa dilaksanakan sesuai hari kerja minimal 5 hari jam kerja.

Laboratorium ini dapat memeriksa sampel swab sebanyak 30 sampel, dan untuk hasilnya dapat kita ketahui dalam waktu 5 jam, ucapnya.

Penanggung jawab Laboratorium Rumah Sakit Darurat covid 19 Diana Sitohang menjelaskan, untuk penyesuaian alat PCR ini akan memakan waktu kemungkinan satu minggu atau lebih.

Kita lihat lebih dahulu ritmenya dan target sasaran sampel kita, serta kemampuan petugas yang akan mengerjakan, terangnya.

Ditanya mengenai suhu penyimpanan, Diana mengungkapkan, untuk suhu sampel yang akan dikerjakan pada suhu minus 80 derajat, sedangkan untuk sampel yang belum dikerjakan cukup disimpan pada suhu 2 sampai 8 derajat.

Untuk ketahanan sampel, secara tertulis tiga hari, tetapi tergantung juga pada suhu penyimpanan dan apabila bagus akan dapat menyimpan lebih lama, tuturnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *