Penyaluran benih padi unggul tingkatkan produktivitas pertanian di Masa Pandemi

Penyaluran benih padi unggul tingkatkan produktivitas pertanian di Masa Pandemi

46 views
0
SHARE

Aceh Utara, KabarOne – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Pertanian dan Pangan terus meningkatkan produktivitas pertanian ditengah masa pandemi dengan menyalurkan benih padi unggulan kepada petani di kabupaten itu.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi di Lhokseumawe, Jumat (18/6) mengatakan, bantuan benih padi tersebut bertujuan untuk mendorong petani agar tetap bertahan dan bangkit dari sisi produktivitas, sehingga ketahanan pangan ditengah pandemi COVID-19 masih terus terjaga.

“Kita harap melalui pemberian benih padi bantuan dari program Kementerian Pertanian ini dapat membangkitkan dan menggerakkan kembali sektor pertanian di Kabupaten Aceh Utara,”ujar Erwandi.

Seraya menambahkan, pertanian merupakan salah satu program unggulan di Kabupaten Aceh Utara yang menjadi sektor penting dan strategis dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan ditengah pandemi COVID-19.

“Para petani Aceh diharapkan dapat memanfaatkan bantuan benih tersebut untuk meningkatkan hasil panen padi,”katanya.

Erwandi menyebutkan, pandemi COVID-19 berdampak pada pergeseran anggaran dari sektor pertanian ke sektor kesehatan, sosial dan penanggulangan bencana, sehingga pembatasan tersebut berdampak pada sisi distribusi pangan dan produksi pangan.

Untuk bangkit ditengah pandemi, kata dia, Pemkab Aceh Utara terus berupaya menggenjot program-program unggulan di sektor pertanian.

“Pengembangan padi Inbrida adalah salah satu program Kementerian Pertanian yang sedang dijalankan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara,”jelasnya.

Erwandi menambahkan bahwa bantuan benih varietas unggul Inbrida Padi Sawah Irigasi (Inpari) 32 yang disalurkan kepada petani mencapai 172.750 kilogram.

Erwandi menerangkan, untuk pengembangan pertanian padi di Aceh Utara, Pemerintah Aceh telah mengadakan program penanaman padi Indeks Pertanaman (IP) 300. Metode IP 300 ini akan menjadi terobosan bagus karena penanamannya akan dilakukan hingga tiga kali per tahun.(*fadhil)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY