Sukseskan Program ketahanan Pangan, Arutmin dan Pemerintah Kecamatan Bersinergi

Sukseskan Program ketahanan Pangan, Arutmin dan Pemerintah Kecamatan Bersinergi

99 views
0
SHARE

KOTABARU,kabarone.com- Camat Kelumpang Utara H. Achmad Sjuhada, API, MM bersama tim PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin melakukan peninjauan Program Ketahanan Pangan di Desa Wilas Kecamatan Kelumpang Utara, Senin lalu.

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, setiap manusia memiliki hak untuk memenuhi kebutuhan pangannya, terlebih lagi di masa Pandemi CIVID-19 ini.

Agar kebutuhan pangan masyarakat bisa tercapai, maka perlu dilakukan beberapa usaha, salah satunya adalah dengan cara mewujudkan ketahanan pangan.

Seperti halnya yang di lakukan oleh kelompok ibu- ibu PKK Desa Wilas Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru melakukan penanaman tanaman Hortikultura di sekitar pekarangan rumah mereka.

Untuk mensukseskan program ke tahanan di Desa Wilas, Arutmin melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bersama Pemerintah Kecamatan Kelumpang Utara bersinergi untuk melakukan pembinaan terhadap kelompok ibu- ibu PKK yang mengembangkan tanaman Hortikultura di pekarangan rumahnya.

Camat Kelumpang Utara H. Achmad Sjuhada, API, MM mengatakan, untuk mendukung program Pemerintah melalui tanaman, buah- buahan di sekitar pekarangan yaitu memanfaatkan tanah pekarangan yang ada di sekitar rumah, intinya jangan sampai ada lahan kosong yang tidak termanfaatkan

Selain itu juga TOGA (Tenaman Obat Keluarga), jadi minimal bisa untuk keluarga sendiri ketika dalam keadaan darurat, secara ekonomis mungkin tidak akan terpenuhi, tetapi yang pasti untuk hiburan, kesenangan dan kesibukan Insya Allah terpenuhi saja, ujarnya.

Kata Camat, kenapa kami suka pertanian karena pertanian pasti orangnya tidak koler (malas) karena kalau malas pasti pekarangan rumahnya rimbun dan ciri-cirinya mudah menilainya, karena pertanian pasti harus rajin, beda dengan perkebunan seperti sawit, karet didiamkan saja tidak jadi maslah, tapi kalau jenis hortikultura seperti yang di tanam ibu- ibu sekarang yang umurnya pendek pasti harus tiap hari dibersihkan dan itu harus rajin, makanya dulu masyarakat Indonesia adalah masyarakat agraris atau pertanian, paparnya.

Supervisor ComDev PT Arutmin Noor Firdaus mengucapkan terimakasih kepada ibu- ibu PKK yang selalu semangat sampai sekarang dan masih tetap untuk mensukseskan program Pemerintah melalui PPM PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, yaitu program Ketahanan Pangan yang mana sebelumnya dimasukan usulanya ke dalam Musrenbang Desa oleh kepala Desa, tetapi masih belum bisa dicover oleh Anggaran Daerah.

Kata Firdaus, karena keterbatasan anggaran, dan melalui Ketua Gapoktan memohon kepada PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin agar bisa dibantu untuk realisasi pelaksanaannya, maka dengan perrsetujuan dan ijin dari Management PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin maka Program Ketahanan Pangan ini dapat dilaksanakan sampai hari ini oleh ibu-ibu PKK yang didukung oleh Kades, Ketua Gapoktan serta PPL Kecamatan Kelumpang Utara.

Selanjutnya, Program ini kita laporkan ke pihak Kecamatan, sehingga alhamdulillaah Bapak Camat beserta Staff sudi meluangkan waktunya untuk meninjau Program ini, dengan harapan ibu-ibu PKk sebagai ujung tombak pelaksanaannya tetap semangat untuk memastikan keberhasilan dari Program ini yang nantinya akan bermanfaat juga bagi masyarakat yang ada di Desa Wilas.

Alhamdulillah walaupun saat ini hasilnya belum maksimal bagi ibu- ibu yang melaksanakan programnya tapi jangan putus asa dan selalu semangat pada intinya, kita akan evaluasi bersama apa-apa kekurangannya, di mana permasalahannya dan ibu PPL juga bisa memantau dan mengevaluasi untuk perbaikan, mudah- mudahan dengan program ini bisa menambah kebaikan kita semua, harapnya.

Sementara Kepala Desa Wilas Usman, Kamis 17/6/2021 mengatakan, saya berharap dalam pengembangan program ini pembinaan selalu kontinyu baik dari Pemerintah Kecamatan maupun dari PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin sebagai pembina utama melalui program PPM nya, karena selain itu program ini sifatnya masih dalam percobaan dan pertama kali, jadi harus sering- sering dilakukan pembinaan ujar Usman mengakhiri.(HRB)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY