Mendukung Pengerjaan Tambang, Ini Landasan Fikir Perikatan LSM, Ormas Dan OKP Bangka Setara.

Daerah353 views

Bangka, Kabar One.com — Forum Perikatan Ormas, LSM dan OKP Bangka Setara menyampaikan dukungan terhadap setiap pengerjaan tambang karena sangat berjasa terhadap masyarakat Bangka khususnya dalam bidang perekonomian.

Dukungan ini dinyatakan langsung Oleh Para Ketua Organisasi yang tergabung di dalam Perikatan Ormas, LSM Dan OKP Bangka Setara, ketika meninjau beroperasinya KIP (Kapal Isap Produksi) timah di Laut Bedukang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, dari bibir pantai BIO, Minggu (11/7/2021)

” Hari ini saya selaku Koordinator Perikatan OKP, LSM Ormas Bangka Setara menyatakan bahwa kami mendukung penuh pengerjaan penambangan yang dilakukan oleh PT. Timah (Persero) Tbk, di DU. 1555 Laut Bedukang termasuk Matras yang sudah berjalan selama ini” Ujar Slamet Riady selaku Koordinator 11 Ormas, LSM dan OKP Bangka Setara didampingi para ketua Organisasi.

” Hal ini kami sampaikan karena masyarakat khususnya di daerah operasional sekitar merasakan dampak positif dari kegiatan penambangan ini” Tambah Slamet.

Senada disampaikan oleh salah satu organisasi yang terhimpun di dalam Perikatan ini, yakni Asosiasi Tambang Rakyat Daerah ( Astrada) Kabupaten Bangka. Ketua Astrada Kabupaten Bangka, Ratno Daenk Mapiwali mengatakan bahwa sudah seharusnya setiap organisasi dan masyarakat Bangka Belitung mendukung pengerjaan tambang berdasarkan aturan dan legalitas yang telah ada.

” Dasar kami mendukung kegiatan penambangan khususnya yang dilakukan oleh perusahaan PT. Timah (Persero) Tbk, adalah karena aspek legalitas dan aturan yang telah ada. Kita tahu bahwa daerah kita sudah merampungkan Perda RZWP3K. Disini sudah diatur, sudah selayaknya kita dukung dan patuhi bersama. Kita ketahui bahwa wilayah operasional perairan Tuing dan Bedukang masuk kedalam zona tambang” Ujar Ketua Astrada Kabupaten Bangka.

” Aspek perekonomian bagi masyarakat sekitar wilayah operasi, serta manfaat penambangan bagi daerah kita yang didapat dari hasil pajak yang di setorkan PT. timah merupakan kontribusi nyata, tabilitas ekonomi yang harus kita pertahankan bersama, karena sejauh ini sektor pertambangan adalah sektor unggulan di Propinsi Bangka Belitung dan sebagai sumber daya alam ciptaan Tuhan yang harus Kitas syukuri bersama” Jelas Daenk Ratno.

Astrada membenarkan pro dan kontra di tingkat masyarakat selalu terjadi di setiap usaha penambangan yang ada di kabupaten Bangka. Namun itu, menurut Daenk Ratno, Perbedaan pendapat sudah sejak dulu dan ada, bahkan pekerjaan di sektor apapun selain tambang tidak luput dari aspirasi pro dan kontra masyarakat

” Kami harap semua aspirasi dapat di sampaikan dan ada mufakat sesuai koridor, hukum, serta aturan dan hendaknya saling menghormati hingga ditemui kesepakatan” Harap Ketua Astrada. Semoga kegiatan penambangan khususnya di WOP DU. 1555 dapat berjalan dengan baik serta terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah” Harap Daenk Ratno Mapiwali. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *