Tanggap Bencana Banjir dan Karhutla, Indocement Gelar Webinar Bersama BPBD Kotabaru

Nasional290 views

KOTABARU,kabarone.com– PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan webinar tanggap bencana banjir dan Karhutla sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam meningkatkan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana khususnya Tim Tanggap Darurat Bencana, dengan mengusung tema “Manajemen Bencana dan Peran Relawan dalam Penanggulangan Bencana Banjir & Karhutla melalui aplikasi zoom, Selasa 19/10/2021.

Seminar di ikuti oleh para relawan di Kabupaten Kotabaru dan perwakilan Desa Tarjun, Serongga, Tegalrejo, Langadai, Sidomulyo, Cantung Kiri Hilir, Sungai Kupang, mitra Indocement yang berada di sekitar area pabrik Indocement.

Juga hadir lembaga pendidikan terdiri dari tenaga pengajar, dosen dan mahasiswa, beberapa Perguruan Tinggi di Kalsel seperti Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Uniska, Poliban dan Politeknik Kotabaru serta para dewan guru bersama siswa SMKN 2 Kotabaru, SMKS Kodeco, SMKS Yasmen serta Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung Kelumpang Hulu.

Lathif Faham Fauzi narasumber kegiatan dari BPBD Kotabaru didampingi moderator Sudirman Noor dan Asrori Al Fakih dari Indocement Tarjun.

Lathif Faham Fauzi mengatakan, bahwa potensi bencana khususnya di Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya mesti dilakukan dengan prinsip tanggap, tangguh dan tangkas, disamping itu, ia juga menyampaikan berkenaan dengan bagaimana seharusnya penanggulangan bencana itu dilakukan.

Peran relawan dalam penyelanggaraan penanggulangan bencana diatur dalam Peraturan Kepala BNPB Nomor 17 tahun 2011, sehingga diharapkan para relawan dapat berperan aktif sesuai kewajibannya dengan menerapkan prinsip kerja relawan dan memenuhi panca darma relawan, imbuhnya.

Sementara Management Indocement H. Teguh Iman Basoeki mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan salah satu rangkaian kegiatan Safety Week 2021, Indocement Tarjun menggelar virtual learning berbentuk webinar kesiagaan tanggap darurat penanganan bencana bagi masyarakat.

Materi webinar yang diberikan berupa pengetahuan seputar pengenalan potensi dan upaya pencegahan dan penanggulangan dini dari resiko potensi bahaya, kesiagaan tanggap darurat, penanganan bencana banjir dan Karhutla, tuturnya.

Selain itu, peserta mendapatkan pendalaman seputar materi bidang K3 berupa pemberian teori dan praktik secara virtual dan peserta juga dilatih dan diberikan pengetahuan untuk dapat menganalisa potensi resiko bahaya, mengendalikan resiko bahaya dan tanggap darurat dalam penanganan bencana yang pemaparannya juga dikemas dengan penayangan video.

Salah satu peserta selaku tenaga pendidik dari SMKN 2 Kotabaru, Agus Rusbandi sangat mengapresiasi kegiatan yang terselenggara, tentu tak lepas dari peran Indocement dan BPBD untuk dapat melaksanakannya.

Menjadi harapan webinar ini dapat menjadi pedoman dalam peningkatan pengetahuan dan kompetensi dibidang K3 dan tanggap dalam penanganan bencana, juga tentunya dapat bermanfaat bagi peserta didik. Intinya, webinar ini bagus sekali, diakhiri dengan beragam pertanyaan dan diskusi menarik yang dibahas oleh moderator dengan pembicara serta peserta audien yang hadir, tutupnya.(HRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *