Sudin Perhubungan Jakut Hari Ini Berlakukan Rekayasa Arus Lalin Akibat Pembangunan Polder Artha Gading

Metropolitan330 views

Jakarta Kabarone.com,-Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) dan Satuan Lalu Lintas Pelres Jakarta Utara mulai menerapkan rekayasa Lalu Lintas (Lalin) dikawasan pembangunan Polder Artha Gading, di ujung Jalan Bulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mulai diberlakukan rekayasa Lalin tersebut hari ini Kamis 25/11/2021 guna menghindari kepadatan pengendara yang melintas dari Jalan Bulevard Kelapa Gading. Untuk itu para pengendara diharapkan supaya mencari jalur alternatif, agar tidak terjebak kemacetan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak, menyampaikan hal itu saat dimulainya penerapan rekayasa Lalin akibat prmbangunan Polder tersebut. Sudinhub Jakarta Utara memastikan rekayasa arus lalin telah diterapkan dengan menutup ujung Jalan Bulevard Artha Gading yang mengarah ke Jalan Yos Sudarso dan Jalan Artha Gading Selatan yang mengarah ke Jalan Bulevard Artha Gading menggunakan barrier, ucapnya.

Menurut Harlem, rekayasa arus lalin ini merupakan bentuk dukungan terhadap adanya pembangunan Polder Artha Gading sebagai upaya pengendali banjir di Kawasan Kelapa Gading. Sehingga Dinas Perhubungan berkolaborasi dengan Satuan Lalu Lintas Kepolisian untuk melakukan peralihan jalur Lalin dikawasan Kelapa Gading.

“Hari ini kita tindaklanjuti dari adanya kegiatan pembangunan Polder Artha Gading dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta karena itu mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas sehingga kita lakukan rekayasa arus lalin dengan menutup beberapa ruas jalan,” kata Harlem.

Selain memasang barrier, spanduk dan rambu petunjuk arah, rekayasa arus lalin ini pun melibatkan tiga puluh petugas gabungan baik dari Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara maupun Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Utara.

“Sosialisasi kita sudah lakukan karena ini sudah dirapatkan terlebih dahulu mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kota. Kita juga sudah siapkan sarana dan prasarana baik itu spanduk atau pun rambu-rambu yang mendukung pembangunan Polder yang ada di lokasi ini,” ungkapnya.

Untuk menghindari kepadatan arus lalin, Harlem menghimbau pengendara mencari jalur alternatif menuju Jalan Yos Sudarso maupun Jalan Bulevard Artha Gading. Apabila terpaksa melewati rekayasa arus lalin, pengendara diminta mematuhi rambu lalu lintas dan memaklumi adanya pembangunan Polder Artha Gading sebagai upaya mengantisipasi banjir di Kawasan Kelapa Gading di masa mendatang.

Ini Jalur rekayasa arus Lalin di area pembangunan Polder Artha Gading;

Kendaraan dari Jalan Bulevard Artha Gading menuju Jalan Yos Sudarso pengendara diarahkan ke kiri menuju Jalan Artha Gading Selatan kemudian belok kanan melintasi Jembatan Merah Artha Gading.

Kendaraan dari Jalan Artha Gading Selatan menuju Jalan Bulevard Artha Gading diarahkan menuju Jalan MOI Gate A menuju Jalan Boulevard Barat Raya, menuju Jalan Raya Gading Kirana.

Sedangkan untuk kendaraan dari Jalan Bulevard Artha Gading menuju Tol Wiyoto Wiyono, pengendara diarahkan masuk melalui Gerbang Tol Cempaka Putih (tidak ke Gerbang Tol Podomoro) melalui Jalan Artha Gading Selatan, kemudian belok kanan melintasi Jembatan Merah Artha Gading lalu belok kiri menuju Jalan Yos Sudarso ke arah Jalan Ahmad Yani. Demikian disampaikan Kasudinhub Jakut dalam rilis Komimfitik Jakarta Utara 25/11/2021.

Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *