121 Personel SAR Semarang Siaga Nataru Selama 19 Hari

News350 views

SEMARANG,kabarone.com- Mengantisipasi keramaian arus mudik dan balik masyarakat yang hendak merayakan hari natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menyiapkan 121 personel beserta peralatan kerja lengkap.

Kesiap siagaan ini juga dilakukan seiring datangnya musim penghujan.
Sejumlah alat penunjang kelancaran kerja turut dipersiapkan pada natal dan tahun baru diantaranya alat utama (alut) SAR seperti rescue car, rescue truk, motor trail, rescue excavator dan rescue boat KN.SAR Sadewa 231.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menyatakan bahwa pelaksanaan siaga SAR khusus Natal dan tahun baru 2022 akan dilakasanakan selama 19 hari.

“Dimulai dari tanggal 17 Desember sampai 04 Januari 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat aman dan handal ( QUICK RESPONSE SAR)” kata Heru pada Gelar Apel Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus di Lapangan mes, Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Semarang, Jumat (17/12) sore.

Kepala Basarnas dalam sambutannya juga menekankan pentingnya kesiapan alut dalam menunjang pelaksanaan tugas SAR yang diemban.

“Di sisi lain menyampaikan pentingnya kondisi alut kendaraan maupun peralatan – peralatan rescue untuk menunjukan performance kinerja kita, sehingga perlu diperhatian kebersihan dan perawatannya agar setiap saat digunakan selalu siap” imbuh Heru

Ia menjelaskan, nantinya dalam siaga Nataru ini, seluruh personel yang terlibat akan melaksanakan pemantauan baik itu di lalu lintas tol, pelabuhan, bandara maupun terminal serta tempat-tempat wisata. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin saja terjadi yang dapat mengancam jiwa masyarakat, terutama di kebencanaan maupun kecelakaan yang membutuhkan penanganan khusus SAR.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh petugas siaga SAR khusus yaitu menjaga sopan santun dalam berkoordinasi dengan insatansi terkait maupun pelaksanan misi penyelamatan. ikuti prosedur yang ada tunjukan bahwa Basarnas berkerja secara profesional. Semoga dalam pelaksanan siaga SAR natal 2021 dan tahu baru 2022 berjalan lancar dan semua tim diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas” tutup Heru.
(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *