BINUS UNIVERSITY Siap Berikan Pendidikan Global Di Era Revolusi Industri 4.0

Bisnis358 views

SEMARANG,kabarone.com- Memasuki era Revolusi Industri 4.0 BINUS UNIVERSITY hadir di Kota Semarang guna menjawab kebutuhan dunai saat memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Seperti diketahui Era Revolusi Industri 4.0, teknologi siber berkolaborasi dengan teknologi otomatisasi sehingga komputer dapat saling terhubung dan membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kemajuan ini menciptakan perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia.

Untuk mengimbanginya, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknologi.

Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M, menyatakan rasa bangganya dapat terlibat dalam membangun iklim pendidikan yang ideal, khususnya di Semarang dan wilayah sekitarnya, melalui BINUS @SEMARANG.

“Suatu kebanggaan bagi BINUS UNIVERSITY dapat hadir di Kota Semarang yang akan memberikan pendidikan berkualitas global dan pengalaman pembelajaran yang luar biasa kepada masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah, dan seluruh Indonesia, yang berpusat di Kota Semarang,” kata Harjanto Prabowo, Rabu 8 Desember 2021

Untuk ground breaking bangunan kampus telah dilakukan pada 2020 lalu di Pearl of Java (POJ) City Semarang yang dihadiri sejumlah petinggi BINUS dan disaksikan Sekda Kota Semarang Ir Iswar Aminuddin MT.

CEO BINUS Grup Stephan Santoso mengatakan bahwa BINUS berkomitmen untuk menghadirkan solusi belajar kelas dunia.

Kampus BINUS di Semarang dibangun di lahan seluas 7,2 hektare dengan posisi menghadap pantai. POJ City Semarang merupakan area dengan konsep one stop living yang menawarkan fasilitas lengkap dalam satu kawasan.

Bukan hanya ditujukan sebagai area komersial, kawasan seluas + 300 hektare tersebut juga dirancang menjadi pusat pendidikan, hotel, apartemen, pusat pemerintahan, sekaligus pariwisata.

Selain lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau, BINUS @SEMARANG menawarkan standar pendidikan yang setara dengan kampus BINUS lain yang lebih dulu ada, seperti di Jakarta, Serpong, Bekasi, atau Malang.

“Fasilitas dan program yang ditawarkan telah dipersiapkan dengan sangat baik. BINUS menjamin sepenuhnya kualitas kampus di Semarang sama dengan kampus BINUS di kota lain,” papar Prof Harjanto.

Prof Harjanto menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang ditunjukkan pemerintah maupun masyarakat Kota Semarang dalam menyambut kehadiran BINUS @SEMARANG.

Kepada generasi muda , Prof Harjanto untuk bergabung dalam komunitas BINUSIAN. “Mari kita bersama-sama membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik,” ajaknya.

Untuk diketahui, Kampus BINUS @SEMARANG mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran reguler pada 2021 melalui sejumlah program studi, yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, dan Manajemen.

Sementara, Campus Director BINUS @SEMARANG Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP, menyebutkan, sebagai perguruan tinggi yang telah terakreditasi A, BINUS @SEMARANG akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa didukung oleh fasilitas kelas dunia serta mengadopsi sistem pembelajaran hybrid learning dan multikampus.

“BINUS @SEMARANG akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa didukung oleh fasilitas kelas dunia serta mengadopsi sistem pembelajaran hybrid learning dan multikampus,” kata Boto.

Fasilitas kampus meliputi ruang kuliah yang nyaman dan didukung perangkat dengan teknologi terkini. Adapun hybrid learning adalah sistem pembelajaran yang ideal untuk diterapkan pada kondisi pasca pandemi Covid-19. Dengan sistem ini, mahasiswa dapat memilih untuk berpartisipasi dalam pembelajaran secara online maupun langsung tergantung situasi.

Menerapkan sistem pembelajaran yang fleksibel dan didukung fasilitas kelas dunia, BINUS @SEMARANG mengajak generasi muda Indonesia untuk bersiap menghadapi era Revolusi Industri 4.0 di depan mata.

Boto menjelaskan bahwa dua dari tiga lulusan BINUS @SEMARANG ditargetkan untuk bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Untuk mencapai target tersebut, pihak kampus membekali mahasiswa melalui Program 2+1+1.

“Dua dari tiga lulusan BINUS @SEMARANG ditargetkan untuk bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Untuk mencapai target tersebut, pihak kampus membekali mahasiswa melalui Program 2+1+1,” bebernya.

Program 2+1+1 merupakan program yang mengarahkan mahasiswa untuk belajar selama 2 tahun di kampus BINUS @SEMARANG, 1 tahun di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain, serta 1 tahun mengikuti 1 dari 7 program enrichment yang tersedia.

Sedangkan program enrichment yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY antara lain penelitian, merintis bisnis startup, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, dan magang kerja di perusahaan.

Untuk mendukung mahasiswa menyelesaikan studinya dengan lancar, pihak kampus menyediakan beasiswa khusus hingga 100% bagi mahasiswanya yang sesuai serta memenuhi kriteria. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *