KPW BI Lhokseumawe Meluncurkan Sistem Informasi Gampong & Layanan Online

KPW BI Lhokseumawe Meluncurkan Sistem Informasi Gampong & Layanan Online

190 views
0
SHARE

Lhokseumawe, KabarOne – Sebagai salah satu wujud dukungan Bank Indonesia dalam mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah, Bank Indonesia menggandeng Gampong Kuta Blang meluncurkan Sistem Informasi Gampong & Layanan Online “SIGAMLON” Gampong Kuta Blang, Selasa (14/12/2021).

Hal tersebut mengingat, proses digitalisasi sudah berkembang sangat pesat di setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Mulai dari aktivitas pendidikan, kesehatan, transportasi hingga kegiatan perekonomian telah banyak bertransformasi dengan adanya digitalisasi.

Pada kegiatan peluncuran tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe, Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, Badan Pusat Statistik Lhokseumawe, Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Gampong Kota Lhokseumawe, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kota Lhokseumawe, serta Camat dan Geuchik di Kota Lhokseumawe.

Pandemi Covid-19 mengharuskan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk melakukan adaptasi sehingga transformasi digital terakselerasi lebih cepat dan luas dibandingkan sebelumnya. Agar tidak tertinggal, perangkat daerah harus berubah sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik di tengah berkembangnya budaya digital masyarakat.

Menyadari hal tersebut, dikembangkanlah “SIGAMLON” untuk mempermudah masyarakat Gampong Kuta Blang dalam mendapatkan layanan masyarakat. Pada kegiatan juga dipertunjukkan layanan yang dapat dimanfaatkan pada “SIGAMLON”, di antaranya surat-menyurat, menyampaikan aspirasi/laporan, dan layanan mandiri. Selain itu, situs ini juga dapat mempermudah perangkat Gampong Kuta Blang dalam mengelola data masyarakatnya.

Ke depan, “SIGAMLON” akan menfasilitasi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) maupun UMKM lainnya di Gampong Kuta Blang dalam melakukan branding sebagai usaha digital berbasis digital dengan salah satunya adalah penyediaan kanal pembayaran QRIS.

Peluncuran “SIGAMLON” ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh tamu undangan. Banyak yang mengharapkan aplikasi tersebut dapat digunakan secara luas.

“Dengan adanya kegiatan launching pada pagi hari ini, kami berharap kita semua dapat menyamakan visi dan persepsi, serta memiliki urgensi yang sama untuk segera mendorong Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Kota Lhokseumawe. Informasi yg lengkap akan mempermudah Pemerintah Desa membuat keputusan yg tepat serta mempermudah urusan ke pihak terkait Desa, sedangkan transparansi melalui SIGAMLON diharapkan mendorong akuntabilitas keuangan dan akselerasi pelayanan kepada masyarakat Gampong Kutablang,” ungkap Yukon Afrinaldo.(*fadhil)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY