Jaksa Agung Minta Wakil Jaksa Agung dan Para JAM Yang Dilantik Tingkatkan...

Jaksa Agung Minta Wakil Jaksa Agung dan Para JAM Yang Dilantik Tingkatkan Pelayanan Jaga Citra Institusi Adyaksa

142 views
0
SHARE

Jakarta Kabarone.com, Kepala Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kajagung RI), ST Burhanuddin,  memerintahkan seluruh Jaksa Agung Muda (JAM) untuk memberantas mafia Tanah, mafia Pelabuhan Udara dan Laut serta mafia kelangkaan pupuk bersubsidi.

Jaksa Agung menyampaikan, kepada para Jaksa Agung Muda, isu aktual terkini yang patut dicermati adalah maraknya mafia tanah, mafia pelabuhan laut, bandar udara, serta kelangkaan pupuk bersubsidi bagi petani.
“Saya telah mengeluarkan Surat Edaran Jaksa Agung Nomor 16 Tahun 2021, tentang Pemberantsan Mafia Tanah dan Surat Edara Jaksa Agung Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pemberantasan Mafia Pelabuhan dan Bandar Udara.
Segera laksanakan perintah saya tersebut dan saya tunggu laporan baik atas kinerja dari saudara. Kehadiran para mafia tersebut telah meresahkan masyarakat dan mengganggu roda perekonomian negara, bahkan berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi yang dapat kerugian perekonomian.

Oleh karena itu, “saya minta kepada Jaksa Agung Muda untuk merapatkan barisan dan lakukan akselerasi pemberantasan para mafia tersebut. Ambil sikap tegas, tanpa kompromi, dan sikat habis para mafia tersebut,” ujar Jaksa Agung sàat pelantikan beberapa JAM di kantor Adyaksa Kejaksaan Agung Jakarta Selatan 10/01/2022.

Dalam kesempatan tersebut Jaksa Agung menyampaikan, pejabat yang dilantik adalah sebuah formasi baru yang saya harap dapat bekerja secara solid. Soliditas merupakan kunci kekuatan institusi Kejaksaan, yang merupakan pengejawantahan terhadap prinsip “Kejaksaan adalah satu dan tidak terpisahkan”, “een en ondelbaar”. Salah satu ciri khas soliditas kinerja adalah bekerja secara team work.

Penyelesaian suatu perkara kerap kali harus melibatkan lintas bidang, sehingga tidak boleh ada ego sektoral. Dalam bekerja, kita tidak dapat bekerja sendirian maupun bekerja secara sendiri-sendiri. Setiap bidang harus dapat berkolaborasi yang akan saling mendukung dan saling melengkapi untuk satu tujuan bersama yaitu kepentingan institusi,” ujarnya.

Dalam penanganan dugaan mafia mafia tersebut, sesuai surat edaranya Jakaa Agung berharap ada laporan dari penanganan kasus per kasus yang ada di lingkungan Kejasaan Negeri, Kejaksaan Cabang Kejaksaan Tinggi di seluruh Indoneaia.
Pemberantasan mafia mafia tersebut juga disampaikan Kepala Kejaksaan Agung saat kunjungan kerjanya ke wilayah Kejaksaan Tinggi Jambi, bebera hari lalu.

Penulis : P. Sianturi 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY