Kajagung Kunjungan Kerja di Kejati Jambi Sekaligus Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi

Hukum226 views
Jakarta Kabarone.com,-Kepala Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kajagung RI), ST Burhanuddin, sempatkan diri menghadiri dan memberikan kata sambutan dalam acara rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di aula kantor DPRD Provinsi Jambi, sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Ke-65 Provinsi Jambi.
Waktu tersebut ditempatkan Kepala Kejaksaan Agung, dimana sebelumnya pimpinan lembaga Adhyaksa itu bersamaan dengan kunjungan kerjanya ke wilayah hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Jaksa Agung didampingi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana, Kejati DKI Jakarta Febrie Adriansyah, Kejati Jambi Sapta Subrata, Kejati Sulawesi Tenggara, Sarjono Turin, Kapuspenkum, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Asisten Umum Jaksa Agung Kuntadi dan Asisten Khusus Jaksa Agung Hendro Dewanto, serta para Kejari wilayah Jambi.
Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kapuspenkum, bahwa kehadiran Jaksa Agung beserta rombongan pada rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi atas undangan Gubernur Jambi terhadap tokoh tokoh masyarakat Jambi yang pernah bertugas maupun penduduk Jambi yang telah berhasil. Kedatangan Rombongan Kejagung tersebut disambut antusias oleh pengemban pemerintahan Jambi, DPRD dan tokoh masyarakat Jambi.
Sementara dalam sambutannya Kajagung menyampaikan, pada awal tahun yang penuh semangat ini, Provinsi Jambi telah menginjak usia yang ke-65 tahun. Oleh karena itu, pada kesempatan yang penuh suka cita dan menggembirakan ini, Jaksa Agung mengucapkan “Dirgahayu Provinsi Jambi”  semoga Provinsi Jambi menjadi provinsi yang Lebih Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional.
Menyikapi usia yang ke-65 ini, Jaksa Agung mengatakan tentunya Pemerintahan Provinsi Jambi telah mengalami banyak perubahan, pembangunan dan juga telah melalui berbagai macam tantangan pembangunan hingga kini Provinsi Jambi dapat menorehkan berbagai macam prestasi yang membanggakan dalam tingkat Nasional.
Hal itu dibuktikan dengan capaian Provinsi Jambi merupakan daerah yang paling bahagia di wilayah Sumatera dan peringkat 4 (empat) secara Nasional dengan indeks nilai 75,17 poin. Nilai ini diatas rata rata indeks kebahagiaan Nasional dengan indeks nilai yang hanya 71,49 poin. Hal ini menunjukkan terjaganya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan tinggal di Jambi. Dimana kebahagiaan tidak bisa dibeli dan diukur dengan materi, semuanya berasal dari hati maka masyarakat Jambi memiliki kebersamaan dalam ikatan tali silaturahmi yang sangat kuat.
“Saya berharap capaian dan prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan dan terus dikembangkan, sehingga kesejahteraan masyarakat Jambi terus meningkat, yang pada akhirnya Provinsi Jambi menjadi salah satu rujukan dalam pengelolaan pemerintahan daerah”, ucapnya.
Kemudian pada Triwulan III tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi menduduki urutan kedua di Sumatera dengan besaran 5,91%. Hal tersebut menjadi modal dasar untuk memantapkan tata Kelola pemerintah untuk mendorong dan memantapkan perekonomian masyarakat serta memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi.
Sementara Gubernur Provinsi Jambi Al Haris, dapat penghargaan berupa “People of The Year 2021” dari Metro TV dengan kategori Best Governor For Healthcare dan Action Against Pandemic. Di masa pandemi ini, Gubernur Jambi dinilai mampu menanggulangi pandemi Covid-19 dengan baik dan menekan angka kasus Covid-19 di Provinsi Jambi.
Atas kinerjanya tersebut Jaksa Agung menyampaikan apresiasi kepada segenap elemen pemerintah daerah dan masyarakat Jambi atas beberapa keberhasilan yang telah diraih tersebut. “Capaian ini harus menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras, serta menjadi spirit untuk menghadapi tantangan kedepan yang lebih dinamis dan kompleks,” ujarnya.
Jaksa Agung menyampaikan sumber daya alam yang dimiliki Provinsi Jambi sangat melimpah dan letak wilayah yang cukup strategis karena berada di segitiga pertumbuhan wilayah Indonesia, Malaysia, dan Singapura, serta beragam potensi lainnya yang dimiliki menjadi berkah tersendiri bagi Provinsi Jambi.
Bersamaan dengan hal itu, tidaklah berlebihan apabila pada saat ini Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan berbagai pembangunan di semua lini secara gencar, masif dan menyeluruh, seperti pembangunan Pelabuhan di Ujung Jabung, pembangunan jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Provinsi Jambi, pembangunan Kawasan Ekonomi Industri Kemingking di Kabupaten Muaro Jambi, maupun Pembangunan Listrik Tenaga Air di Kabupaten Merangin. Semua pembangunan tersebut diharapkan dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Jambi dan meningkatkan tarap pendidikan dan kesehatan masyarakat Jambi, ungkap Jaksa Agung.
“Rumah sudah, pahat tidak berbunyi. Api padam puntung tidak berasap. Yang terjatuh biarlah tinggal. Yang terpijak biarlah luluh”. Adapun makna petuah tersebut adalah dalam menetapkan keputusan yang berat atau rumit, harus dikuatkan dengan janji setia menurut kenyataan hukum guna menata kehidupan masyarakat yang taat kepada hukum, kata Jaksa Agung. Akhir katanya Jaksa Agung menyampaikan, atas nama pribadi dan pimpinan institusi Kejaksaan mengucapkan: “Selamat Hari Jadi Ke-65, Jambi Pulih, Jambi Mantap”, ucap Kajagung, 6/01/2022.
Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *