Kajari Jakut Terbitkan Sprindik Perpanjangan Penanganan Perkara Dugaan TPPU Salah Satu BUMN

Kajari Jakut Terbitkan Sprindik Perpanjangan Penanganan Perkara Dugaan TPPU Salah Satu BUMN

112 views
0
SHARE

Jakarta Kabarone.com,-Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kajari Jakut), I Made Sudarmawan, menerbitkan Surat Perintah Perpanjangan Penyidikan (Sprindik) No.Print-16/M.1.11/01/2022 tanggal 17 Januari 2022, terhadap perkara tidak pidana di salah satu perusahaan plat merah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tanpa menyebut nama perusahaan milik pemeintah BUMN yang dimaksud, namun berdomisili di wilayah hukum Jakarta Utara. Dimana penyidikan yang dilakukan pihak Kejaksaan terkait sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berasal dari Tindak Pidana Korupsi dalam penyalahgunaan pemberian Dana Pinjaman yang merugikan keuangan Negara hingga 20 Miliar Rupiah.

Dalam keterangan yang disampaikan Kajari Jakut, bahwa diterbitkanya Surat Perpanjang Surat Perintah Penyidikan yang dimaksud tersebut merupakan perpanjangan terhadap kegiatan penyidikan yang dilakukan tim Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, yang telah dilakukan sejak bulan November tahun 2021. 

Hal itu berdasarkan Surat Perintah Penyidikan No.Print-495/M.1.11/Fd.1/11/2021 tanggal 01 November 2021, dan Surat Perintah Perpanjangan Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, No.569/M.1.11/Fd.1/12/2021 tanggal 23 Desember 2021.

Sangkaan kasus TPPU tersebut merupakan sangkaan tambahan setelah tim penyidik mendapatkan laporan hasil analisa dari PPATK terhadap transaksi yang terjadi. Yang mana tindak lanjut penyidikanya merupakan salah satu amanat dari Jaksa Agung RI yang tertuang dalam hasil Rakernas Kejaksaan Agung RI tahun 2022.

Kajari menyampaikan, “bahwa Penyidikan yang dilakukan hingga saat ini masih berjalan dan masih bersifat penyidikan umu,” ucapnya melalui Pres Rilis, 17/01/2022.

Penulis . P. Sianturi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY