Lounching dan Sarasehan Desa Mandiri Desa Sekaran Melalui TPS3R , Hadiahkan Buku...

Lounching dan Sarasehan Desa Mandiri Desa Sekaran Melalui TPS3R , Hadiahkan Buku untuk Bupati Lamongan

585 views
0
SHARE

Lamongan,Kabarone.com-Melalui program DESA BERDAYA, pemerintah Desa Sekaran, melalui TPS3R Sekar Manfaat mengelola sampah dengan cara mengubah pendekatan pengelolaan. Pada awalnya, pengelolaan sampah di Desa Sekaran masih menggunakan pendekatan kumpul-angkut-buang. Hasil akhir pendekatan itu adalah terkumpulnya sampah di TPS3R Sekar Manfaat. Di sana, sampah di buang ke TPS milik Kabupaten Lamongan, atau dibakar setelah sebagian dipungut para pemulung.

Setelah program ini, pengelolaan sampah di Desa Sekaran berubah menjadi kumpul-pilah-olah. Pengolahan sampah yang dipilih dalam kegiatan ini menggunakan pendekatan ramah lingkungan. Tim Desa Berdaya dan Tim PHP2D UNISLA mengelola sampah dengan menggunakan maggot sebagai dekomposternya. Tidak hanya itu, Tim juga mengintegrasikan pengolahan sampah dengan perikanan lele, budidaya kangnkung organik, dan peternakan ayam.
Ketika di konfirmasi awak media kabarone.com sekretaris Bumdes Sekaran Fatchur Rozi mengatakan ,” penyerahakan Buku di lakukan di acara Lounching dan sarasehan Desa Mandiri di Pesarehan Makam Mayang madu Desa Banjarwati Kec.Paciran,”ujarnya.

“Buku ini kami persembahkan kepada Bupati Lamongan, Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi, M.BA pada ulang tahun yang ke-54 tanggal 12 Januari 2022. Semoga bermanfaat untuk kepentingan Kabupaten Lamongan.

Judul Buku : Pengolahan Limbah Organik Berbasis Masyarakat dan Multi Budidaya Terintegrasi di Desa Sekaran Kabupaten Lamongan
Penulis : Muhammad Kafid MR
Penerbit: Litbang Pemas Unisla Lamongan
Tahun terbit : 2021

Buku ini merupakan rekaman best practices dari sejumlah stakeholders: Pemerintah Provinsi Jawa Timur ) PROGRAM DESA BERDAYA, Pemerintah Desa Sekaran (TPS3R Sekar Manfaat), dan Universitas Islam Lamongan (PHP2D). Buku ini bercerita sukses mengolah sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) skala rumah tangga, dan pemukiman/kelurahan. Menariknya program pengolahan sampah pada buku ini mengintegrasikan pengolahan sampah dengan perternakan, perikan dan pertanian organik.

Lamongan, 12 Januari 2022
Kepala Desa Sekaran

H. ISMAN AFANDI.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY