PEKERJA MIGRAN ASAL KARAWANG MENDERITA PENYAKIT KELENJAR TIROID MENUNTUT DIPULANGKAN KE INDONESIA

PEKERJA MIGRAN ASAL KARAWANG MENDERITA PENYAKIT KELENJAR TIROID MENUNTUT DIPULANGKAN KE INDONESIA

139 views
0
SHARE

Karawang,KabarOne.com-Maksud hati memeluk gunung apadaya tangan tak sampai, itulah istilah yang cocok untuk PMI asal Karawang LIPIA APRIYANI, bermaksud merubah ekonominya di Luar Negeri menjadi Pekerja Migran Indonesia, namun sesampai di Negara tujuan tersebut LIPIA mengalami penyakit Kelenjar Tiroid sehingga sulit untuk melakukan aktivitas.

Pengaduan disampaikan oleh suami LIPIA bernama ADITTIA asal Karawang, istrinya mengalami Kelenjar Tiroid sehingga sulit untuk melaksanakan aktivitasnya tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya.
Masalah yang dialami istrinya telah disampaikan pada petugas perekrut yang telah melakukan perekrutan, pemrosesan istrinya bernama H. OTIB, namun pengaduan tersebut tidak ditanggapi sehingga keadaan istrinya semakin parah.
LIPIA ditempatkan oleh PT Bahana asal Condet, dimana yang bertanggungjawab PT Bahana Mr. NAKIB dimana alamat jelas kantor Perusahan penempatan LIPIA tersebut tidak jelas keberadaanya.

Koordinator DPP FPMI DARTIM menerangkan pada saat ini penempatan PMI ke Luar Negeri dalam masa moratorium berdasarkan
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 260 Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI pada Pengguna Perseorangan dikawasan Timur Tengah, seharusnya penempatan migran tersebut tidak ada tapi pada kenyataannya penempatan ke Luar Negeri masih berlangsung tentunya tindakan tersebut telah bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Lanjut DARTIM menerangkan,” LIPIA dapat dikategorikan sebagai Korban Trafficking atau Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ke Luar Negeri yang bermodus menjadi PMI, karena penempatanya masih dilarang.

Para Pekerja Migran Indonesia diLuar Negeri, khususnya Arab Saudi tidak memiliki kebebasan dalam melakukan aktivitasnya atau bekerja akan tetapi dijual belikan oleh Agency kemajikan.
Kami akan mengawal lebih lanjut tentang permasalahan yang dialami oleh LIPIA akan kami upayakan pelaporan kepada Instansi Pemerintah agar semua pihak yang keterkaitan dalam penempatan LIPIA ke Luar Negeri untuk segera mempulangkan keIndonesia.

DARTIM menjelaskan akan segera melaporkan PT Bahana Mr. NAKIB ke pihak kepolisian RI agar menghentikan kegiatanya melakukan Ekploitasi Pekerja Migran Ke Luar Negeri.(Warno***).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY