Polres Lamongan Gelar Simulasi Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Jelang Mudik Lebaran...

Polres Lamongan Gelar Simulasi Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Jelang Mudik Lebaran 2022

98 views
0
SHARE

Lamongan,Kabarone.com – Menjelang mudik lebaran 2022 Polres Lamongan dalam hal tersebut Satuan Lalu Lintas yang dipimpin oleh AKP ARISTIANTO BUDI SUTRISNO, S.H, S.I.K., M.H selaku Kasat Lantas berupaya merekayasa lalu lintas pasca perbaikan jembatan Ngaglik 1 agar arus lalu lintas tetap lancar tanpa adanya penumpukan kendaraan (23/04/2022)

“Menanggapi akan adanya prediksi arus mudik maupun arus balik yang meningkat signifikan dari dua tahun belakangan ini, maka kami telah mempersiapkan beberapa kemungkinan terburuk jika terjadi kemacetan akibat kendaraan yang datang dari arah barat maupun timur Lamongan.” jelas Kasat Lantas.

Kasat Lantas menunjuk Kanit Kamsel untuk membuat rekayasa lalu lintas menggunakan E-Tactical Map Game, melalui E-TMM ini secara real-time terlihat pergerakan kepadatan kendaraan sehingga dapat dilakukan simulasi rekayasa lalu lintas berbasis teknologi hingga selanjutnya diterapkan sesuai kondisi di lapangan.

Kanit Kamsel IPDA RANGGA N menjelaskan wilayah mana saja yang rawan kemacetan seperti yang kita ketahui yaitu rel ka dan pasar babat. ” Jika terjadi kemacetan di Rel KA dari arah Timur maupun Jembatan Ngaglik yang sedang dalam proses percobaan terdapat masalah kembali oleh karena itu petugas mengarahkan kendaraan agar melalui Plosowahyu untuk kendaraan kecil, Sukodadi untuk minibus dan kedungpring hingga sampai babat untuk kendaraan besar melalui tugu Adipura. Dari arah Babat petugas mengarahkan agar kendaraan melewati jalur Deandles.” jelasnya.

Sedangkan Di wilayah Pasar Babat petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas yaitu lokasi parkir khusus pengunjung pasar, Terminal sementara untuk seluruh angkutan umum menaiki atau menurunkan penumpang dan jalur-jalur alternatif lainnya.

Seluruh anggota sudah menempati titik simpul jalan yang menjadi titik awal dan titik pengalihan arus kedua untuk kendaraan roda empat atau lebih tanpa muatan apabila terjadi kepadatan di Jalan veteran yang merupakan pengalihan arus awal.

“Dari arah Gresik agar tidak melewati jalur Lamongan-Babat. Untuk seluruh kendaraan bermuatan besar dialihkan dan di putar balik ke arah Gresik untuk melewati tol Manyar dan keluar di Jalan Daendels. Untuk kendaraan pribadi yang menuju Bojonegoro dapat diarahkan melalui tugu Adipura melewati jalan Lamongrejo – Jalan Basuki Rahmat – Jalan mastrip – Jalan Raya Sugio – Jalan sumberaji – Unisda kemudian kembali ke Jalan Lamongan babat.

Untuk Jalan Babat Lamongan diperlakukan one way pada saat melewati jembatan Ngaglik yaitu dari arah Babat Lamongan untuk mengurangi kepadatan di sepanjang jalur Babat Lamongan Satlantas Polres Lamongan bekerjasama dengan Polres Bojonegoro untuk pengalihan arus bagi kendaraan dari Jawa tengah yang akan memasuki Jawa Timur kemudian berkoordinasi dengan Polres Tuban untuk mengalihkan kendaraan yang akan menuju Surabaya agar melewati Jalan Daendels.” tambahnya.

” Untuk sementara demikian simulasi rekayasa lalu lintas arus mudik maupun arus balik lebaran yang telah kami upayakan, tetap hati-hati dalam berkendara tertib berlalu lintas dan patuhi protokol kesehatan semoga selamat sampai tujuan.” tutupnya.(Pur).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY