Taj Yasin Minta Mobil Bantuan dari KAI Dipergunakan Untuk Pantau Arus Mudik

Taj Yasin Minta Mobil Bantuan dari KAI Dipergunakan Untuk Pantau Arus Mudik

196 views
0
SHARE

SEMARANG,kabarone.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah menerima bantuan satu unit mobil dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP IV Semarang. Bantuan tersebut secara simbolis diterima langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen selaku Ketua Dewan Pembina PMI Jateng.

Taj Yasin mengemukakan, bantuan transportasi untuk PMI Jateng ini tepat waktu. Pasalnya, pemerintah pusat telah mengumumkan adanya libur cuti bersama Idul Fitri tahun ini. Dia juga langsung memerintahkan PMI Jateng untuk menggunakannya sebagai sarana transportasi memantau arus mudik Lebaran tahun ini.

“Bantuan transportasi yang diserahkan kepada PMI ini tepat waktu. Karena telah diumumkan pemerintah bahwa tahun ini ada libur cuti bersama lebaran. Saya yakin bahwa dengan adanya bantuan transportasi untuk PMI bisa untuk keliling memantau jalannya Mudik, memantau kondisi di masyarakat,” kata Taj Yasin, di halaman kantor Gubernur Jateng baru baru ini.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang mudik, agar tetap menjaga prokes. Taj Yasin mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada, sehingga harus diwaspadai. Selain itu, wagub juga meminta agar masyarakat yang merasa sakit dapat menghubungi PMI di pos-pos mudik yang disiapkan nanti. “Saya berharap dengan masyarakat, nanti kalau melaksanakan mudik untuk tetap mentaati prokes, vaksin, yang sakit bisa hubungi PMI yang nanti ada di titik2 pos mudik,” pintanya.

Sementara, Kepala KAI Daop IV Semarang, Wisnu Pramudyo, menyampaikan bahwa penyerahan mobil ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI. Baginya, mobil yang telah diserahkan ini bisa turut menunjang kinerja PMI dalam menghadapi Mudik lebaran kali ini. “Setiap tahun kami ada program CSR. Tahun ini untuk pemprov Jateng. Kali ini untuk mendukung operasional PMI di Mudik lebaran. Mudah-mudahan ini bermanfaat,” kata Wisnu.

Disoal tentang persiapan KAI menghadapi mudik lebaran, Wisnu menjelaskan pihaknya sudah melakukan pengecekan menyeluruh di wilayah Daop IV Semarang. Pengecekan meliputi sarana, prasarana dan fasilitas termasuk standar minimum pelayanan bagi penumpang. “Persiapan mudik di DAOP IV, kami persiapkan dari sisi sarana prasarana maupun fasilitas penumpang. Kami bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, sertifikasinya kami cek, sarana prasarana kami lihat kelayakannya. Kita cek bareng-bareng. Standar pelayanan minimum ini juga kami lakukan persiapan bersama,” jelasnya

Khusus di Daop IV Semarang Wisnu menyebutkan ada penambahan sekitar 57 ribu tiket bagi penumpang. Dia meminta masyarakat yang akan naik kereta api mentaati peraturan yang ditetapkan pemerintah saat mudik lebaran nanti. “Untuk yang sudah booster, bebas tanpa menunjukkan hasil tes apapun. Yang vaksin kedua wajib tunjukkan hasil negatif Rapid Antigen, yang vaksin pertama harus tunjukkan hasil PCR,” pungkas dia. **AMR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY