Cara Jitu Memotret Pemandangan Pakai Kamera DSLR

Cara Jitu Memotret Pemandangan Pakai Kamera DSLR

95 views
0
SHARE

Jakarta,Kabar One.com-Pemandangan merupakan salah satu obyek menarik yang dapat anda abadikan dengan menggunakan kamera kesayangan.salah satu media yang baik untuk memotret pemandangan yakni dengan menggunakan kamera DSLR.
Kamera jenis ini memang memiliki fitur lengkap untuk menunjang hasil yang berkualitas.oleh karena itu ,banyak orang ingin mengetahui cara memotret pemandangan dengan kamera DSLR.

Tips untuk mendapat Foto Landscape yang menakjubkan

Salah satu genre dalam fotografi yakni foto landscape. Foto landscape sangat cocok untuk pemotretan pemandangan. Agar menghasilkan gambar landscape keren, Anda harus menggunakan kamera DSLR sebagai media pendukungnya. Nah, berikut ini 5 cara memfoto landscape yang benar dengan kamera DSLR.

1.Stabilkan Kamera dengan Tripod

Membawa tripod merupakan salah satu hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika melakukan pemotretan. Sebelum membidik, sebaiknya Anda stabilkan kamera dengan tripod terlebih dahulu. Hal ini bertujuan jika objek yang Anda tangkap membutuhkan kecepatan rana yang sedikit lebih lama.

Hal itu dapat terjadi ketika Anda menggunakan filter dengan ukuran besar atau menurunkan angka aperture. Selain itu, ada baiknya memilih tripod yang kokoh dan kuat agar dapat menopang kamera dengan baik. Jika sedang melakukan travelling, membawa tripod dengan bahan dasar ringan juga patut Anda pertimbangkan.

2.Turunkan ISO

Menurunkan ISO adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan foto dengan baik. Pasalnya, jika semakin banyak ISO maka semakin banyak pula noise pada foto. Biasanya, untuk kebanyakan kamera dapat menggunakan ISO sekitar 50 atau 100.

Anda dapat menggunakan eksposur lebih lama untuk mengurangi sensitivitas cahaya. Selain ISO, Anda juga harus memperhatikan aperture yang cocok untuk pemandangan. Sebaiknya jaga ISO tetap rendah dan aperture yang sempit agar detail objek yang ditangkap terlihat jelas.

3.Perhatikan Kedalaman (Depth of Field)

Depth of Field dalam pemotretan mengacu pada irisan fokus suatu objek yang ditangkap. Aperture yang lebih lebar akan menghasilkan fokus yang lebih kecil daripada aperture yang sempit. Nah, jika Anda menginginkan objek yang fokus dari depan ke belakang dapat menggunakan aperture yang lebih sempit.

Dan sebaliknya jika Anda menginginkan fokus objek dari belakang ke depan, Anda dapat menerapkan aperture yang lebih lebar. Anda juga harus mengatur shutter speed untuk mempertahankan eksposur yang baik. Di satu sisi Anda juga harus mempertahankan ISO tetap rendah.

4.Fokus yang Presisi

Terkadang kita menginginkan salah satu objek yang kita potret dalam keadaan fokus dibandingkan sekitarnya. Nah, hal ini sangat tergantung pada panjang fokus lensa dan aperture yang dipilih. Anda harus menangkap seluruh objek dengan presisi yang tepat dimana terlihat objek fokus dan buram di area sekitarnya.

Anda juga dapat menggunakan jarak hyperlocal untuk mendapatkan keseluruhan pemandangan dengan objek yang tajam dan jelas. Anda juga dapat menerapkan trik lama dengan mengatur fokus ke dalam bingkai sehingga latar depan dan belakang dapat terlihat tajam pada saat bersamaan.

5.Aktifkan Grid

Jika Anda sulit untuk menentukan posisi foto yang baik, ada baiknya untuk mengaktifkan grid. Melalui jendela bidik Anda dapat mengaktifkan grid yang menampilkan garis batas sepertiga di seluruh bingkai.

Grid memungkinkan Anda untuk menghasilkan bidikan yang baik, terutama bagi Anda yang sulit menentukan komposisi foto. Anda dapat menempatkan objek yang akan dipotret di sepanjang garis grid atau di titik potongnya.

Grid akan membantu Anda untuk memperjelas foto dengan tetap memperhatikan bagian tengah pada foto. Ini merupakan salah satu cara memotret pemandangan dengan kamera DSLR yang mudah untuk diterapkan.

Dapatkan Hasil Foto Menakjubkan dengan Canon 4000D

Selain mengetahui cara memotret pemandangan dengan kamera DSLR, pemilihan kamera merupakan juga kunci utama untuk menghasilkan foto yang baik. Sehingga, Anda patut memilih kamera DSLR dengan fitur pendukung yang lengkap.
Canon 4000D merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur lengkap untuk menunjang hasil foto yang jelas dan tajam. Keunggulan canon 4000D yang utama yakni memiliki sensor APS-C sebesar 18 MP dengan prosesor gambar Digic 4+.

Selain itu, canon 4000D juga sudah menerapkan ISO paling tinggi mencapai 6400 dan bisa meningkat hingga 12800. Fitur canon 4000D ini dapat membuat hasil foto maupun video dengan kualitas tinggi.

Menariknya, pengaturan di kamera ini sangat mudah dipahami sehingga ramah bagi Anda seorang pemula yang baru belajar fotografi. Kamera ini juga dilengkapi dengan perangkat wifi yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer file ke perangkat lain.

Nah, pasti Anda tidak sabar untuk mengabadikan momen dengan Canon 4000D ? Jangan khawatir, Anda bisa membeli Canon 4000D di marketplace kesayangan, Blibli.

Blibli merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang menyediakan berbagai barang kebutuhan dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu diskon dan voucher gratis ongkir yang diberikan juga sangat baik. Sehingga, melalui Blibli untuk mendapatkan kamera kesayangan, Anda bisa segera menerapkan cara memotret pemandangan dengan kamera DSLR.(***).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY