HUT Kota Banjarbaru Ke-23, Kumdatus Kotabaru Dan Tanah Bumbu Tampilkan Kesenian Dan Budaya

Daerah422 views

KOTABARU,kabarone.com- Perkumpulan Dayak Meratus (Kumdatus) Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu kembali ikut memeriahkan HUT Kota Banjarbaru Ke-23 di acara pergelaran Seni Budaya Dayak Borneo “Borneo In Harmony 3” di main atrium GF Qmall Banjarbaru 12-15/5/2022.

Ketua DPC Kumdatus Kabupaten Kotabaru Hardiansyah mengatakan, hari ini tanggal 11 Mei 2022, kami dari rombongan DPC Kumdatus Kotabaru dan Tanah Bumbu sebanyak 11 unit minibus atau mobil pribadi dengan jumlah sekitar 75 orang berangkat menuju Kota Madya Banjarbaru dalam rangka giat rutin Perkumpulan Dayak Meratus setiap satu tahun sekali untuk memperkenalkan budaya Dayak yang hampir punah, dan bertepatan pula dengan hari jadi Kota Banjarbaru, dan kegiatan ini sudah masuk dalam kalender even Kota Banjarbaru.

Kata Hardiansyah, pada agenda tahun ini kami dari Perkumpulan Dayak Meratus Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu akan menpilkan dan mengikuti kegiatan tari- tarian lokal, fashionshow, lomba manyumpit, lomba melukis, balogo, bagasing dan juga ikut memasarkan produk lokal seperti madu bajakah, baju rompi khas kulit kayu, laung, obat- obatan herbal dan lain-lain, ujarnya.

Kegiatan ini untuk memperkenalkan budaya lokal dayak meratus, mengeksplor kembali budaya yang hampir punah agar tetap eksis, dan memotivasi generasi muda dayak agar lebih cinta terhadap budaya sendiri, harapnya.

Yang paling terpenting dari kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk menyalurkan bakat seni dan budaya Dayak lokal dan sebagai sarana promosi di sektor pariwisata budaya daerah, ujarnya mengakhiri.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *