by

Turnamen Catur Bupati Lamongan Cup Diikuti Para Master Catur hingga Pecatur Luar Negeri

-Peristiwa-332 views

Lamongan,Kabar One.com-Bupati Yes Membuka event tahunan dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-453 Tahun 2022, Persatuan Pecatur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Lamongan menggelar Turnamen Catur Cepat Bupati Cup tahun 2022.
Turnamen yang dibuka langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi tersebut tak hanya diikuti para master catur dari Indonesia namun juga pecatur mancanegara.

Diungkapkan ketua panitia, Suyatmoko, lomba Turnamen Catur Bupati Cup yang digelar di Alun-alun kota Lamongan, Sabtu (21/5) tersebut diikuti ratusan peserta dari 22 kabupaten/kota di Indonesia dan 1 (satu) peserta dari Uzbekistan.

“Tercatat ada 232 peserta terdiri dari 22 kabupaten/kota di Indonesia, yang terjauh ada dari Riau, Serang, Blora bahkan ada dari negara Uzbekistan. Perlombaan ini nanti ada 7 babak sehingga bisa-bisa akan dilaksanakan hingga malam,” ungkap Suyatmoko.

Tidak hanya diikuti pecatur asal Uzbekistan Avasbek Ishabaev, Turnamen Catur Cepat ini juga diikuti para master catur berprestasi, seperti Master Catur Internasional Roni Gunawan,hingga Master Fide Khoirul Anam.

“Selain para master internasional juga diikuti master nasional yang berjumlah 15 orang. Selain itu ada juga pecatur junior dengan rentan usia 12-15 tahun atau jenjang SD dan SMP,” imbuhnya.

Selain sebagai ajang memperingatai HJL Ke-453, lanjut Suyatmoko, turnamen ini dimaksudkan sebagai sarana mengasah kemampuan para atlet catur dan juga ajang pencarian bibit unggul dalam olah raga catur asal Lamongan, mengingat sebentar lagi akan menghadapi kejuaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim.

Pembukaan Turnamen Catur semakin meriah dengan kehadiran Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dalam kesempatan tersebut beliau mengapresiasi kegiatan yang out of the box tersebut.

“Terima kasih para panitia, Percasi Lamongan yang telah bersungguh-sunnguh menggelar acara ini, ini pertama kalinya dilakukan turnamen catur cepat dan bertempat di luar ruangan, ini out of the box. Dan bahkan tidak hanya dihadiri para pecatur lokal tapi juga pecatur dari Uzbekistan,” Turur Bupati Yes.

Kegiatan ini, menurut Bupati Yes, sejalan dengan program prioritasnya dalam bidang pemuda dan olahraga yakni pembinaan atlet sejak dini. Untuk itu, beliau mengajak seluruh pelatih cabang olah raga agar terus melakukan kaderisasi dan semangat mengikuti kejuaraan.

“Semua bidang olah raga harus disemarakkan. Saya minta bagi yang megang cabor ayo jangan mau ketinggalan untuk memajukan cabornya, dan selanjutnya kaderisasi atlet-atlet ini sangat penting, karena kedepan yang akan berjaya asal Kabupaten Lamongan,” ucapnya.

Tak hanya dalam kata-kata semata, Bupati Yes juga mengajak para generasi Lamongan untuk mulai dekat dengan olah raga catur melalui pantun jenakanya. “Selain ngopi itu penting, catur juga penting. Mbak Pur rambute kriteng, catur itu penting,” Pungkasnya. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *