Walikota Jakut Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Walikota Jakut Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

93 views
0
SHARE

Jakarta ,Kabarone.con,-Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim memimpin pelaksanaan upacara Hari Kebangkitan Nasional yang di gelar di halaman Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, 20/5.

Dalam kesempatan tersebut Walikota menyampaikan, Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

“Pada tahun 2022 ini, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”. Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi COVID-19 yang sudah nelanda selama dua tahun terakhir,” Kata Ali Maulana Hakim selaku Inspektur Upacara tahun 2022.

Ali menyampaikan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja namun sekaligus kesempatan untuk lebih memahami  esensi sejarah kebangkitan nasional.

“Mari sejenak kita telaah sisi histori di balik peringatan hari Kebangkitan Nasional. Pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Budi Utomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ucapnya.

Ali mengutip ucapan Dokter Sutomo berhasil dan tidaknya usaha ini hanya bergantung pada kesungguhan hati kita, bergantung pada kesanggupan kita bekerja.

“Saya yakin bahwa tanah air di masa depan terletak di tangan kita, di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai kesungguhan semangat Doktor Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia dunia pulih bersama, ayo bangkit lebih kuat,” katanya.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional tersebut juga diikuti Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini, Asisten Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Plt. asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Ardan Solihin, ikut hadir Perwira Penghubung Dandim 0502, Letkol Sarjito, Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Ricky, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Muhammad Sofian Iskandar Alam, dan Dewan Kota Jakarta Utara, Arifin, ucapnya, 20/22/2022.

Penulis : P. Sianturi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY