Reses Awaludin, Petani Sawit Mengeluh; Pemda Kotabaru Diharapkan Bentuk Satgas

Reses Awaludin, Petani Sawit Mengeluh; Pemda Kotabaru Diharapkan Bentuk Satgas

84 views
0
SHARE

KOTABARU,kabarone.com- Kegiatan Reses Anggota DPRD Kotabaru Awaludin serap aspirasi masyarakat di tiga Desa di Kecamatan Kelumpang Selatan, Sabtu 25/6/2022.

Kegiatan reses yang dilaksanakan di tiga Desa Awalaudin menerima beragam aspirasi dari masyarakat, seperti di Desa Sungai Nipah, Sangking Baru dan Desa Sungai Kupang Jaya, yang paling dominan di keluhkan masyarakat di tiga Desa yaitu anjloknya harga sawit yang kian menurun.

Seperti yang di utarakan Surdani warga Desa Sungai Nipah terkait harga sawit semakin mengalami terjun bebas, dirinya meminta kepada anggota DPRD Kotabaru Awaludin untuk membantu perjuangkan harga sawit petani.

Saya memohon kepada bapak selaku perpanjangan tangan masyarakat kecil seperti kami ini untuk membantu permasalahan harga petani sawit yang saat ini benar benar anjlok, ungkap Surdani.

Kondisi ini, kata Surdani, sangat berdampak pada biaya perawatan yang dikeluarkan petani, dan petani menjual TBS ke pengumpul berkisar Rp. 1.150 sampai dengan Rp. 1.200 perkilogram, padahal sebelumnya mencapai Rp 3 ribu lebih perkilogram.

Jika kondisi ini berlangsung lama bisa berdampak bukan hanya pada pendapatan petani dan juga pada sektor lainnya seperti pendidikan dan tentunya juga daya beli masyarakat, tuturnya.

Menanggapi keluhan masyarakat dalam reses yang di laksanakan, Awaludin anggota DPRD Kotabaru yang juga sebagai Ketua Komisi II yang membidangi Ekonomi ini mengatakan, pihaknya akan segera memanggil dinas perkebunan dan pemda dalam hal ini sekda, karena anjloknya harga TBS, sangat merugikan petani khususnya di Kabupaten Kotabaru.

Di beberapa PKS menurunkan harga di bawah standar harga yang ditetapkan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel.

Saya meminta kepada Pemerintah Daerah segera membuat tim Satgas (Satuan Tugas) pengawasan terkait dengan harga TBS kepada PKS-PKS yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Didalamnya (Satgas) nanti ada dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemda kemudian ada DPRD, Disbun dan teman-teman dari Apkasindo menjadi tim pengawasan terhadap PKS-PKS, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY