Daftar Nama Nama Personil Polri Diduga Terlibat Perintah dan Bantu Ferdy Sambo Kasus Pembunuhan Brigadir Joshua

Hukum1,619 views

Jakarta Kabarone.com,-Penyidikan panjang yang di lakukan tim khusus (timsus, Irsus) Mabes Polri, untuk menuntaskan kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap korban Brigadir Joshua Nofryansah Hutabarat. 

Setelah Kapilri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan 4 tersangka, yakni Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Pol, tersangka E, R dan K beberapa haru lalu, kini timsus juga mengumumkan tersangka tambahan yakni Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, AKBPJerry Raymong Siagian. 

Sebagaimana disampaikan Dedy Divisi Humas Polri menyampaikan, AKBP Jerry Raymond Siangian, sudah dilakukan penahanan terkait keterlibatannya dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Joshua.   

Sebagaimana disampaikan humas Polri, bahwa sejumlah nama-nama personel Polri telah ditahan ditempat khusus. Mereka yang ditahan tersebut mulai dari pangkat Perwira Tinggi Pati, Pama, Pertama.

Sebagaimana Daftar Nama personil Polri yang ditahan

1. Brigjen Hendra Kurniawan selaku Karopaminal Divisi Propam Polri.
2. Brigjen Benny Ali selaku Karoprovos Divisi Propam Polri.
3. Kombes Agus Nurpatria selaku Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri.
4. Kombes Susanto selaku Kabaggakum Biro Provos Divisi Propam Polri.
5. AKBP Jerry Raymond Siagian selaku Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.
6. AKBP Arif Rahman Arifin selaku Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri.
7. AKBP Ari Cahya Nugraha selaku Kanit 1 Subdit 3 Dittipidum Bareskrim Polri.
8. Kompol Baiquni Wibowo selaku PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri.
9. AKBP Ridwan R Soplanit selaku Kasat Reskrim Polres Jaksel.
10. Kompol Chuk Putranto selaku PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri.
11. AKP Rifaizal Samual selaku Kanit 1 Satreskrim Polres Jaksel.

Sementara mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo yang diduga sebagai aktor intelektualnya pembunuhan terhadap Brigadir Joshua, sebelumnya telah ditetapkan tersangka dan langsung ditahan. Kini yang bersangkutan tinggal menunggu pemeriksaan lanjutan, bersama tersangka lainya yakni E, R, KM dan tersangka Jerry. 

Tidak tertutup kemungkinan para nama nama personil yang telah di tempatkan ditempat khusus akan jadi tersangka.

Menyikapi banyaknya personil Polri yang diduga terlibat dalam pembunuhan berencana terhadap Joshua Hutabarat, masyarakat berharap kasua tersebut dituntaskan. “Siapa pun yang terlibat dalam kasus berencana tersebut harus di tersangkakan. Jal itu untuk memberikan rasa ketenangan terhadap maayarakat, terlebih kepada keluarga korban almarhum Brigadir Joshua,” ujar masyarakat.

Sebagaimana disampaikan Kadiv Humas Polri, bahwa ada sekitar 31 personil Polri sebagai terperiksa dalam kasus Brigadir Polri. Pemeriksaan tersebut masih berlanjut, apakah mereka terbukti Pidana atau kode Etik kita tunggu hasil pemeiksaan timsus dan Irsus bentukan Kapolri tersebut, ucapnya, 12/8/2022.

Namun masyarakat mengkritisi bahwa dari sekian banyak nama nama personil yang telah masuk daftar pemeriksaan etik atau pidana, namun nama Kapolres Jakarta Selatan, yang memberikan keterangan Pers pertama sekali, belum nongol namanya dalam pemeriksaan Timsus atau Irsus ada apa ya.

Demikian juga, Kapolda Metro Jaya Fadil Imran, juga namanya masih tersembunyi atau diduga disembunyikan pemeriksa, dimana sebagai komandan atasan Kapolres Jakarta selatan, tidak tersentuh namanya. Masyarakat, Proaiden Joko Widodo dan Mahfud MD meminta supaya membuka siapa saja yang terlibat pembunuhan berencana Brigadir Joshua.

Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *