Mencari Marwah Organisasi profesi Wartawan dan Perusahaan Media

Mencari Marwah Organisasi profesi Wartawan dan Perusahaan Media

225 views
0
SHARE

By : Amin Santoso

Lamongan,Kabar One.com-Menjadi seorang jurnalis adalah pekerjaan yang jarang dilirik oleh masyarakat luas.kalau bukan lahir dari lubuk hati serta panggilan jiwa profesi tersebut tak akan terwujud.
Selama ini di era pembangunan Kabupaten Lamongan organisasi Profesi jurnalis berkisar keanggotaan kurang lebih cuma lima belas orang.peran serta organisasi profesi terlama di Lamongan terkesan ada indikasi tidak membesarkan sebuah lembaga Profesi Wartawan dan menambah jumlah keanggotaan.padahal jumlah wartawan di kabupaten Lamongan di lihat dari data Kesbangpol organisasi LSM dan lainnya ada sekitar 400 lembaga.belum jumlah wartawan yang hampir 500 wartawan lebih baik yang sudah terverifikasi maupun sudah berbadan hukum dan yang belum berbadan hukum.

Menyikapi hal tersebut kajian penulis fungsi lembaga profesi wartawan untuk merekrut dan mencerdaskan seorang jurnalis kejenjang dan sesuai UU no 40 tahun 1999 termasuk ikut Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) dalam salah pasalnya berbunyi wartawan bebas memilih salah satu organisasi profesi yang sudah terdaftar oleh Dewan Pers yakni, PWI.Aji,IJTI,PRSNI.SMSI,AMSI,JMSI dan lainnya.

Banyak dari kalangan jurnalis media online di Lamongan ingin bergabung namun niat baik tersebut terganjal dengan persyaratan yang belum bisa di jalankan oleh para jurnalis di Kabupaten Lamongan.bukan bermaksud untuk mengutak atik dapur para jurnalis yang selama ini sudah mendapatkan list di Kominfo Lamongan, namun untuk bisa masuk dan terdaftar di akui saja para jurnalis di luar list Pemda saja sulitnya luar biasa.

Problemnya lagi para pemilik usaha Pers di Lamongan selama ini belum bisa bergabung dan terbentuk Perusahaan Pers Media Online di Lamongan.kita di era digital di tuntut memenuhi kebutuhan informasi masyarakat serta mewujudkan industri media siber yang bertanggung jawab.

Untuk mendorong pengembangan perusahaan media siber melalui mereka para jurnalis yang belum tergabung dalam List Pemda Lamongan berharap ada upaya terlaksana kegiatan Diklat, Seminar dan Konsultasi pengelolaan media siber.

Agar supaya hubungan kerjasama dengan berbagai pihak yang bermanfaat bagi perkembangan pers dan tidak bertentangan dengan tugas pokok Pers.

Di era Bupati Lamongan Yuhronur Efendi peran serta seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Lamongan yang kondusif dan tidak gaduh diperlukan peran serta semua para jurnalis untuk menciptakan suasana damai sesuai dengan himbauan tersebut .tugas Kominfo Lamongan di tunggu kinerjanya agar bisa merangkul seluruh wartawan yang meliput di kabupaten Lamongan sesuai dengan arahan Bupati Lamongan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY