Nusantara Satu Rasa Adakan Tour Persatuan Nusantara

Nusantara Satu Rasa Adakan Tour Persatuan Nusantara

374 views
0
SHARE

Surabaya,Kabar One.com-Yayasan Gajah Purwo dan Joglo Merah Putih dibawah pimpinan Mayor Wiro mengadakan acara Tutup Suro 2022 pada Minggu, (28 /08/ 2022 di Padepokan Merah Putih Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur.

Acara Tutup Suro 2022 menggelar Wayang Kulit semalam suntuk dengan mengundang Nusantara Satu Rasa dan seluruh elemen masyarakat spiritual, spirutualis, adat serta budayawan insan kota se Indonesia. Ada 1000 orang yang hadir.
Hal tersebut diungkapkan Pendiri Nusantara Satu Rasa Kanjeng Abie kepada awak media mengatakan,”
Acara ini sengaja digelar di Alas Purwo. Karena merupakan wiwitan atau awalan tempat matahari terbit. Letaknya betada diujung timur Jawa. Juga Purwo yang paling tua,”ujar Kanjeng Abie Pendiri Nusantara Satu Rasa.

“Juga memiliki nilai yang disakralkan hingga saat ini. Dulunya ada raja yang menyembah matahari,”tambah Mas Hendik Ketua Nusantara Satu Rasa.

Berkaitan dengan acara tersebut, Yayasan Nusantara 1 Rasa Dan Masyarakat Adat Nusantara (MATRA). Disuport Bicopi dan Briliant Group dengan tema Aku Untukmu Indonesia mengadakan acara Tour Persatuan Nusantara di Banyuwangi pada 26-28 Agustus 2022.

Dari NIRAsa Mengirim 1 Bus yang diikuti beberapa perwakilan : dari Papua. Flores bersatu, Tandava, Padepokan Macan Putih, Nur Langit LAMONGAN?, PADEPOKAN EYANG MACAN PUTIH MOJOKERTO, TELASIH 87, PADEPOKAN CAKRA BUMI Lamongan, KEKADANGAN SEJATI, MOCOPAT SEKARPALUPI, P. GUBUKALIT

Pemberangkatan dimulai di Cafe Bicopi Jl Ir. Sukarno 678 Gunung Anyar Surabaya pada pukul 22.00 wib.

“Pada 27 Agustus 2022 pukul 05.00 wib tiba di Banyywangi istirahat dan makan pagi. Kemudian pukul 09.00 wib pesiapan Ritual pembacaan doa,”ungkap Mas Iwan.

Nantinya ritual dan doanya sesuai dengan agama masing masing. Memakai bahasa Ibu yaitu bahasa Jawa. Karena kita masih berada di paling ujung Jawa. Juga kolaborasi dengan bahasa lain. Yaitu bahasa Indonesia.

“Saat ini kita mengembangkan dan mengenalkan budaya yang pernah diajarkan para leluhur dan saat ini kita mengajarkan kepada generasi selanjutnya,”ujar Mas Iwan Sekjen Nusantara Satu Rasa.(****).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY