Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Perhubungan dan BUMN Segera Turunkan Harga Tiket Pesawat

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Perhubungan dan BUMN Segera Turunkan Harga Tiket Pesawat

98 views
0
SHARE

Jakarta Kabarone.com,-Tingginya harga tiket khususnya tiket penerbangan pesawat, telah menimbulkan keresahan di masyarakat.

Ntah karena pesawatnya dikurangi atau karena bahan bakar pesawatnya yang mahal, yang jelas kenaikan harga tiket transportasi udara melonjak setelah Pandemi Covid sudah melandai. 

Pemerintah dinilai masyarakat tidak mampu menstabilkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domeatik. Bahkan pengelola usaha penerbangan terkesan dengan sesukanya seolah olah tanpa pengawasan dari Kemenhub, menaikkan harga diluar aturan pemerintah. Sehingga dampaknya ke masyarakat enggan bepergian keluar daerah menggunakan pesawat udara.

Kenaikan harga tiket yang saat ini dirasakan masyarakat, mengakibatkan Presiden RI Joko Widodo geram. Dalam rapat koordinasi dengan para Menterinya, Jokowi langsung memerintahkan dua Menteri untuk menyelesaikan masalah tingginya harga tiket pesawat. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, langsung diperintahkan Presiden Jokowi untuk menurunkan harga tiket dengan segera. Perintah tersebut berkaitan dengan adanya laporan kepada Presiden bahwa tiket pesawat melambung tinggi. 

Menurut Jokowi, pihaknya khawatir dengan tingginya harga tiket pesawat akan berkontribusi ke inflasi. Oleh karena itu, Jokowi langsung memerintahkan menterinya untuk menurunka harga tiket dipasar. Jokowi langsung perintahkan Budi Karya menyelesaikan terkait tingginya tiket pesawat.  

Presiden memerintahkan Menteri Perhubungan supaya secepatnya menyelesaikan masalah penyebab kenaikan harga tiket supaya bisa terjangkau oleh masyarakat, ungkap Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi, 18/8/2022.

Sementara Jokowi memerintahkan Menteri BUMN Ecick Thohir, supaya mengoptimalkan pesawat Garuda sebagai pelayanan utama kepada masyarakat, sebagai pesawat plat merah. Jokowi juga mengakui, bahwa saat ini harga Avtur sebagai bahan bakar pesawat harganya naik melambung. Namun hal itu tidak mempengaruhi perintah Jokowi agar harga tiket pesawat segera diturunkan. Jokowi meminta Menteri BUMN untuk menambah jumlah pesawat Garuda yang melayani masyarakat, dengan banyaknya armada sehingga bisa menyesuaikan harga tiket pesawat di pasar, kata Presiden RI, yang diuaung Partai PDIP tersebut. 

Menyikapi kebijakan Presiden RI Joko Widodo, warga Sumatera Utar, Kabupaten Tarutung, mengapresiasi kebijakan yang ditempuh Presiden RI untuk segera menurunkan harga tiket pesawat. 

Jokowi telah memerintahkan dua Menterinya untuk menstabilkan harga tiket agar tidak terjadi inflasi. Maayarakat Taput berharap kedua Menteri Kemenhub dan BUMN supaya segera menurunkan harga tiket. Dimana harga tiket ke Silangit melonjak dua kali lipat dari yang biasanya. 

Sebelum tiket naik harga tiket pesaqat dari Jakarta ke Bandara Silangit sekitar 1 jt sampai 1.200 jt, Namun belakangan ini tiket pesawat mencapai Rp 2 jt lebih. Hal itu membuat keresahan di masyarakat karena kenaikan harga tiket pesawat sangat mahal. Hal itu sangat mempengaruhi keberangkatan warga yang pulang kampung dan wisatawan yang berkunjung kekawasan wisata Danau Toba.

Oleh karena itu, masyarakat kawasan Danau Toba meminta kepada Presiden Jokowi, supaya menetralkan harga tiket pesawat ke Bandara Silangit, baik hari libur dan hari tidak libur harga tiket pesawat sama seterusnya. Bagaimana tidak, para pengelola usaha penerbangan dengan sesukanya menaikkan harga tiket jika hari libur langsung naik 2 kali lipat.

“Diharapkan Indonesia harus bisa mengikuti aturan penerbangan di luar negeri dengan menerapkan harga tiket tetap sama baik hari libur dan non libur,” ucap Simatupang warga komunitas Taput, 18/8/2022.

Penulis :P. Sianturi 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY