Tingkatkan Lulusan, Kampus USS Dorong Program Magang

Tingkatkan Lulusan, Kampus USS Dorong Program Magang

106 views
0
SHARE

Palembang ,Kabar one.com- Mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan Angkatan 2019 melaksanakan Program Pembelajaran Magang. Adapun lokasi tempat magang mahasiswa USS terbagi menjadi 3 tempat yakni, CV. Jaya Utama Abadi Situbondo Jawa Timur, PT. Central Pertiwi Bahari, Bratasena Adiwarna Lampung dan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

Dengan adanya program magang ini mahasiswa Universitas Sumatera Selatan bisa menambah wawasan yang luas. Selain itu program magang ini agar dapat memperluas jaringan, dan tentunya mempersiapkan para mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri.

Program magang ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa selama 40 hari terhitung dari tanggal 8 Agustus sampai 17 September 2022. Selama magang ini mahasiswa akan melaksanakan pembelajaran secara materi yang diberikan maupun praktik langsung di tempat magang. Dan juga setelah magang setiap mahasiswa membuat laporan kegiatan selama magang.

Salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan USS, Andi Wiradinata mengatakan kegiatan magang ini sangat bermanfaat untuk kami sebagai mahasiswa untuk menambah dan menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari semasa dibangku kuliah. Kesempatan magang ini sangat penting bagi kami untuk terus berproses.

“Ilmu yang kami pelajari dibangku kuliah anak dikolaborasikan dengan yang ada di lapangan, tempat kami magang nanti. Tentu materi dan praktik di lapangan itu ada perbedaan,” ujar mahasiswa yang magang di CV. Jaya Utama Abadi Situbondo itu kepada awak media pada Kamis (11/08/2022).

Prodi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan, Donny Prariska, S.Pi., M.Si mengatakan magang perikanan bagi Prodi Ilmu Perikanan USS merupakan pengalaman pertama, seperti pada umumnya kami berusaha mempersiapkan sebaik mungkin, karena titik pertama ini yang menjadi acuan selanjutnya.

“Tujuan utama dari magang ini adalah untuk mengetahui dunia kerja perikanan, di sisi lain mahasiswa dilatih untuk menjadi mandiri, inisiatif, disiplin dan mampu bekerja sama. Bagi saya, magang perikanan angkatan pertama ini sangat baik,” terang Bapak Donny pada awak media pada Kamis (11/08/2022).

“Hampir semua mahasiswa mengambil komoditas laut yg notabene jarang ditemui di Palembang, dan sudah ada mahasiswa yang sampai ke timur pulau Jawa. Semoga kedepannya semakin dapat banyak pengalaman, cerita dan pengetahuan dari magang perikanan ini,” tambahnya.

Sementara itu, pada hari yang sama Wakil Rektor 1 Universitas Sumatera Selatan membidangi akademik dan kemahasiswaan, Ibu Dr. Ir Leila Kalsum.,MT menuturkan dengan Adanya Program Magang yang di laksanakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan beliau berharap bisa membawa nama Universitas lebih luas dan baik lagi. Magang tersebut bisa menjadi peluang mahasiswa untuk pekerjaan, menambah wawasan mahasiswa dan tentunya bisa menambah nilai pendukung untuk kemajuan Universitas Sumatera Selatan. (Penulis: Preli Yulianto)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY