INSTAGRAM JADI RUANG PAMER KARYA SENI ANAK BANGSA

INSTAGRAM JADI RUANG PAMER KARYA SENI ANAK BANGSA

147 views
0
SHARE

Jakarta,Kabar One.com-Perkembangan teknologi informasi di era 4.0 semakin melambung, sehingga mampu mengubah pola hidup masyarakat. Berbagai informasi dapat menyebar dengan begitu cepat. Tidak dapat dipungkiri saat ini manusia telah dimanjakan dengan berbagai kecanggihan teknologi, munculnya berbagai aplikasi media sosial menambah semaraknya pasar teknologi infomasi. Tak hanya dikalangan remaja dan dewasa pandai menggunakan teknologi saat ini, namun para kelompok anak-anak pun tak tanggung-tanggung bakatnya dalam mengoperasikan teknologi khususnya ponsel pintar. Ponsel pintar saat ini tanpa adanya media sosial kurang lengkap rasanya dan media sosial itu menjadi bagian terpenting didalamnya.

Media sosial hadir untuk para penggunanya agar dapat saling bertukar informasi tanpa berjumpa ataupun bertatap muka langsung, media sosial seolah dapat menghilangkan batasan jarak dan waktu sehingga dapat menjadi jembatan bagi orang-orang yang jaraknya berjauhan. Dengan adanya media sosial, penggunanya bisa mendapatkan informasi pada saat suatu peristiwa terjadi.

Media sosial telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat saat ini, sehingga media sosialpun dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup, saluran penyampaian pesan dan informasi, dengan media sosial pengguna bisa memperoleh informasi apa saja, dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut dapat ditemui disalah satu aplikasi gemaran jagad maya saat ini yaitu Instagram.

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial populer saat ini, jejaring sosial ini lahir dari sebuah perusahan bernama Burbn, Inc didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Hampir semua masyarakat memiliki aplikasi yang didirikan sejak 6 oktober 2010 ini, khususnya bagi kalangan milenial. Fitur dari Instagram menjadi daya tarik untuk berbagi foto dan video, bahkan dapat menjadi media interaksi bagi para penggunanya.

Bagi beberapa kelompok pengguna Instagram, tidak hanya sekedar menjadikan aplikasi ini sebagai media berbagi foto ataupun video pribadi saja, namun Instagram dijadikan sebagai ruang untuk menampilkan karya hasil kreatifitas dengan tujuan untuk mempromosikan dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Karya seni ditampilkan dalam bentuk sketsa/gambar, patung, busana, design interior, tarian, musik, bahkan lagu.

Beberapa akun Instagram anak bangsa yang populer dengan karya-karyanya, yaitu :

1. @alffy_rev
Alffy Rev adalah seorang komposer, produser music, dan sinematografer. Karyanya yang bertajuk Wonderland Indonesia merupakan salah satu karyanya yang terpopuler. Dengan menggabungkan music EDM dengan lagu-lagu nasional Indonesia, serta unsur-unsur musik tradisional lainnya. Dalam project besarnya tersebut banyak menarik perhatian warga net, selain karena waktu peluncuran video grafis yang tepat yaitu saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, karyanya pun memang patut diancungi jempol baik dari segi konsep maupun visualnya. Dalam postingan Instagramnya ia sering membagikan momen atau projek-projek yang sedang ia kerjakan.

2. @texsaverio
Tex Saverio merupakan seorang perancang busana asal Indonesia, yang kini telah mengepakan sayap karirnya dikancah internasional, hasil rancangannya tidak hanya dikenakan oleh artis-artis dalam negeri namun hingga luar negeri juga, seperti penyanyi hollywod Lady Gaga. Karyanya bergaya penuh fantasi dengan ide yang terkadang diluar ekspetasi. Kini pria kelahiran 28 agustus 1984 ini mencoba menapaki karyanya di panggung ajang Beauty Pageant, karyanya pernah dikenakan oleh wakil Indonesia di ajang Miss Universe tahun 2019. Ia selalu menampilkan karya-karyanya diakun Instaramnya, dan tak sedikit mendapatkam respon dari para pengikutnya.

3. @sandrinamazayya
Sandrina Mazayya adalah sosok gadis cilik yang telah menjelma menjadi gadis remaja cantik, namanya mulai dikenal setelah memenangkan sebuah ajang pencarian berbakat disalah satu stasiun televisi swasta Indonesia “Indonesia Mencari Bakat” pada tahun 2013 silam, menariknya ia menampilkan bakat menarinya dengan tarian tradisional kontemporer diusia mudanya, hal ini membuat banyak masyarakat kagum akan sosoknya. Kini ia melanjutkan karirnya tak hanya sebagai seorang penari saja, namun juga sebagai seorang penyanyi.

4. @gifaulia
Gina fajri aulia adalah seorang seorang seniman illustrasi sketsa digital di Instagram, dikalangan illustrator karyanya salah satu yang menarik banyak perhatian, tak hanya sketsa fashion namun ia juga sebagai illustrator sketsa karakter atau kartun. Ia pernah mengikuti beberapa lomba sketsa dan mampu keluar sebagai juara. Gadis cantik ini kini telah memiliki jumlah pengikut diinstagramnya sebanyak 129 ribu. Karya-karya bisa langsung dilihat diakun Instagramnya.

5. @riomotret
Rio Motret adalah seorang fotografer kenamaan Indonesia, banyak hasil fotonya mengangkat tema tentang Indonesia, mulai dari pakaian tradisional Indonesia hingga lokasi-lokasi atau latar pemotretan ditempat-tempat indah yang ada di Indonesia. Hasil jepretan Rio Motret ini di posting di akun Instagramnya dengan jumlah pengikut 3,6 juta orang.

Ketika karya seni tersebut dipublikasikan, tentunya disuguhkan dengan tampilan visual ataupun audio yang menarik dan tidak sedikit dari mereka dengan bangga menampilkan budaya-budaya Indonesia, baik itu kain tradisional, tarian khas daerah, lagu-lagu dan instrumen daerah, ataupun cerita dan inspirasi lain dari suatu daerah yang ada di Indonesia. Banyak bagian dari bangsa ini dapat menjadi sumber inspirasi karya-karya anak bangsa, hal tersebut membuktikan kecintaan terhadap tanah air dengan menjaga nama baik bangsa dengan terus produktif dengan karya-karyanya.

Karya menakjubkan tentunya tak lahir dan berdiri dengan sendirinya perlu adanya support system dari masyarakat luas maupun pemerintah yang menjadi penopangnya, melihat banyaknya generasi muda Indonesia bertalenta harusnya ada rasa bangga memiliki mereka, mampu konsisten dan produktif menciptakan karya yang mampu menyita perhatian dunia.

Indonesia tidak akan pernah kehabisan generasi bertalenta jika rasa cinta tanah air, rasa ingin terus belajar dan adanya ruang untuk berekspresi selalu tersedia baik di dunia nyata maupun di dunia maya (media sosial) selalu menerima karya-karya baru yang tidak hanya mengejar popularitas dan menampilkan sensasi namun menyuguhkan karya-karya yang berkualitas dan mampu menginspirasi dan mengedukasi.

Indonesia kaya akan budaya dan keindahan alamnya yang tidak akan pernah habis untuk menjadi inspirasi sebuah karya dari tangan-tangan berbakat. Mimpi negeri ini ada pada tangan-tangan berbakat itu, jika ruang berekspresi selalu ada maka mimpi itu pun akan selalu tampak dan mampu menggaungkan kekuatan bangsa lewat karya-karya menakjubkan.

Penulis: Fitra Rauf – Peserta LATSAR CPNS Kominfo Gelombang V, Angkatan 27, Kelompok 1

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY