Kembangkan UMKM di Jateng, Lazada – Hetero Space Gelar Bootcamp AKAR Digital Indonesia Lazada

Daerah330 views

Kabarone.com,SEMARANG-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar berkolaborasi dengan Lazada Indonesia (Lazada) menyelenggarakan Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia untuk Jawa Tengah di Desa Wisata Kandri, Gunungpati Semarang ,Selasa 20 September 2022.

Gerakan AKAR Digital Indonesia yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode “Getok Tular” yang akan membantu onboarding pelaku UMKM Desa masuk ke marketplace yang akan didampingi oleh Sarjana Muda Penggerak Desa dari program PKKP.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan keberadaan Lazada di sini mempunyai misi mempercepat kemajuan di Indonesia melaui petdagangan dan teknologi dengan memberdayakan para pelaku UMKM.

“Sejak lama Lazada berkomitmen untuk memberdayakan para pelaku UMKM di Indonesia yang merupakan pilar penggerak perekonomian nasional. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar, dan berharap Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah ini bisa mendorong para pelaku UMKM Jawa Tengah mencapai sukses di dunia digital dan dan mampu berkontribusi secara signifikan bagi ekonomi digital di Indonesia.” ungkap Ferry..

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa UMKM adalah penggerak bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM harus dibina menuju digitalisasi dan mampu mencapai target ekonomi digital Indonesia di tahun 2024 sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah juga diharapkan tidak hanya menjadi program seremonial yang sekali jalan, tapi bisa menjadi program yang memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi UMKM di Desa,

Untuk diketahui Gerakan AKAR Digital Indonesia menggaet 50 Sarjana Muda PKKP yang akan mendampingi 100 teman-teman UMKM Desa.

Program ini akan memberikan pelatihan seputar bagaimana cara berkembang di marketplace mulai dari kesiapan berbisnis, branding, foto produk, manajemen hubungan pelanggan hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada melalui bootcamp yang dilaksanakan selama dua harii di Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap program Gerakan AKAR Digital Indonesia menjadi program berkelanjutan dan bermanfaat luas bagi UMKM Desa di Jawa Tengah.

“Program Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada untuk UMKM DESA ini didesain tidak hanya sebagai program pelatihan sekali jalan, tapi menjadi program yang berkelanjutan dan memiliki manfaat yang luas bagi UMKM Desa dari seluruh Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Ia menyebut para UMKM harus tetap di dampingi dan dibimbing bagaimana bisa memiliki product knowledge yang baik. Salah satunya adalah hetero space yang dilakukan secara berkelanjutan dengan gaya yang kekinian.

Program bootcamp Akar Digital Indonesia Lazada yang berlokasi di Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunung Pati (20-21 /9) bertujuan memberikan pembekalan kepada para peserta Gerakan Akar Digital Indonesia Lazada dengan materi seputar persiapan dan strategi untuk berkembang berjualan di platform e-commerce. Peserta dari program bootcamp ini adalah 100 UMKM dari desa-desa di jawa tengah dan 50 orang terpilih dari Peserta PKKPP 2022.

Selain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Ferry Kusnowo selaku Direktur Executive Lazada Indonesia, hadir sebagai narasumber berkompeten diantaranya Roy Wibisono selaku CEO Naruna Ceramic, Tri Buana Desy CEO Kraosan Indonesia, Sure Picture selaku Creative Production House, Lazada Indonesia dan Seller-Seller sukses dari Lazada Indonesia.

Tentang Hetero Space

Hetero Space didirikan pada Agustus 2016 dimulai sebagai ruang kerja bersama dan sejak itu berkembang menjadi pembangun ekosistem kreatif yang menawarkan solusi kewirausahaan dan sangat peduli untuk berdampak pada masyarakat.

Hetero Space merupakan coworking space kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah bersama private sector Hetero Space yang fokus menyediakan ruang dan berjejaring untuk para industri kreatif, umkm, startup, pemuda, serta stakeholder lainnya.

Sampai saat ini, Hetero Space telah didirikan di Kota Semarang dan Surakarta.

(amr)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *