TANGKAL RADIKALISME, PC LTMNU BABAT LAKUKAN LABELISASI MASJID.

News332 views

Lamongan,Kabar One com-Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Babat berupaya melakukan pencegahan penyebaran paham di luar Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah, salah satunya dengan cara memberikan label atau tanda pada masjid yang memiliki hubungan dengan NU, baik secara struktur maupun kultur.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua LTMNU Babat pada pertemuan Lailatul Ijtima’ Di Dusun Tegalrejo Datinawong bersama para pengurus, yang dihadiri langsung Ketua PCNU Babat ,MWCNU dan Seluru Banom NU. (05/07/2022)

Lebelisasi ini akan di lakukan di setiap masjid dan mushola se wilayah kerja PCNU Babat melalui PC LTMNU. Tim khusus di bidang IT akan bertugas untuk mendata dan menginventarisir semua masjid dan musala NU dengan melibatkan semua pengurus mulai dari tingkat majelis wakil cabang hingga ranting, yang hari mulai malam ini sudah di mulai jelas tutur Pak Aziz

Ia menambahkan, labelisasi masjid tersebut upaya untuk mengamankan aset warga NU.  “Pendataan terhadap masjid dan musholla ini sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mengamankan aset-aset NU dari serobotan kelompok lain yang berusaha menguasai masjid-masjid dan musala yang dibangun oleh orang NU,” imbuhnya.

Menurutnya, dari data yang didapat nantinya PC LTMNU Babat akan mengetahui program di masjid dan musholla mana yang perlu untuk disinergikan dengan program Kemenag Kabupaten Lamongan, Tentunya program yang benar-benar bermanfaat untuk warga nahdliyin di sekitarnya.

”Masjid dan musholla merupakan tempat berkumpulnya warga NU untuk melaksanakan ibadah dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Dengan adanya pendataan ini, paling tidak kami mengetahui masjid dan musholla mana saja di wilayah PCNU Babat yang merupakan  aset NU dan menjadi milik jam’iyyah NU, dan kedepannya akan bersinergi dengan program Kemenag Kabupaten Lamongan,” .

“Saya adalah orang NU yang berada di jajaran Pemerintahan, dan para kiai, ulama di Kabupaten Lamongan sebagai mitra saya dalam membangun berjalannya program untuk kemaslahatan ummat, kita menjadi khodimul ummah,” ujarnya.  “Doakan, insyaallah kami akan melakukan yang terbaik untuk PCNU Babat dengan catatan masukan serta saran dari para Kiai dan ulama yang kami siap menampung,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PCNU Babat, KH Aim Ma’mun Afandi mengajak Pengurus LTMNU yang hadir agar meningkatkan kinerja dalam merawat baitullah.  “Kinerja para takmir harus terus ditingkatkan, jangan sampai enteng sebab kelalaian itulah yang membuat orang Wahabi masuk dengan mudah,” tuturnya. Kiai Ma’mun juga berharap agar takmir lebih istiqomah dalam memakmurkan masjid, bukan ditentukan oleh bangunan fisik yang megah dan sejenisnya. “Ingat, kemakmuran masjid itu bukan dinilai dari seberapa megahnya bangunan, tetapi seberapa banyak jamaah yang istiqomah ke masjid tersebut,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *