Pemerintah Dorong Investasi Pengelola Kawasan Industri, KIW Komitmen Berikan Terbaik Untuk Negeri

News283 views

Kabarone.com,SEMARANG- Pemerintah pusat hingga jenjang regional Jawa Tengah terus mendorong investasi pengelola kawasan industrisi agar terus tumbuh ditengah iklim perekonomian dunia yang sdang dalam kondisi tidak baik.

Hal itu disampaikan Plt Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sujarwanto Dwiatmoko di acara peringatan HUT Ke – 34 PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) di Hotel Gumaya, Semarang, Jumat 7 Oktober 2022.

“Berbagai upaya terus kami lakukan salah satunya menyiapkan infrastruktur dan aspek-aspek lain yang menunjang,’ kata Sujarwanto.

Menurutnya, dunia usaha punya strategi masing-masing. Peresmian pabrik baru di Kawasan Industri Terbaru Batang (KITB) oleh Presiden Jokowi menunjukkan bahwa Indonesia dipercaya oleh para investor baik dari luar maupun dalam negeri.

“Kondisi global yang kurang baik ini tidak boleh membuat pengelola kawasan industri di Jawa Tengah menjadi kendor. Pemerintah terus berupaya membantu semaksimal mungkin, seperti misalnya dari segi kesiapan listrik maupun gas,’ imbuhnya.

Dia yakin ekonomi di Jateng diharapkan membaik dan investasi bisa tumbuh diatas 10 persen, termasuk KIW dan KITB.

Direktur Utama PT KIW, Ahmad Fauzie Nur menuturkan bahwa KIW berkomitmen memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia.

KIW yang dulunya bernama Kawasan Industri Cilacap atau KIC, memasuki usia 34 tahun, di tahun 2022 ini kata Fauzie tetap menargetkan transformasi jilid dua.

” Kita tetap melanjutkan apa yang sudah kami canangkan yakni transformasi jilid II, kita sudah siapkan dan sesuai RJPP 2022 -2026,’ tutur Fauzie.

Pihaknya berfokus pada penguatan tiga fundamental yakni fundamental atau pilar dari sisi bisnis, legal, dan infrastruktur termasuk IT dan SDM.

Diharapkan langkah konkrit tersebut bisa mengakselerasi pertumbuhan KIW. Seperti diketahui, KIW menjadi pemegang saham mayoritas di KITB yang masuk dalam proyek strategis masional.

“Artinya dukungan pemerintah yang all out ini diharapkan bisa menjadi modal utama menjadi kawasan industri yang paling kompetitif di Indonesia,” paparnya.

Tak kalah pentingnya, lanjut Fauzie, bahwa sejalan perkembangannya KITB akan menjadi dan mewujudkan sebuah kawasan industri ramah lingkungan.

“Semuanya bersinergi menjadi sebuah kekuatan, tidak berdiri sendiri satu dengan lainnya. Bersama mencapai kemajuan,” pungkasnya.

Sementara, Assisten Deputi Jasa Telekomunikasi dan Media Kementrian BUMN, Priyatmo Hadi mengaku sangat bersyukur bahwasanya sebagai salah satu petusahaan BUMN, KIW memasuki usia ke 34 tahun mampu menunjukkan capaian kinerja yang tumbuh.

“PT KIW menunjukkan capaian kinerja yang tumbuh, juga terus memberi konrtibusi kepada pemegang saham, masyarakat, karyawan serta mengembangkan potensi yang ada, sehingga para tenant pun bisa menikmati fasilitas dengan nyaman,” ujar Priyatmo.

Pada perayaan HUT ke – 34 PT KIW juga dilakukan penandatangan kerjasama antara PT KIW dengan pihak perguruan tinggi negeri di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro Semarang.

(amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *