Tidak Bayar Klaim Asuransi Managemen PT.Equity Life Indonesia Dilaporkan Penģgelapan Di Polda...

Tidak Bayar Klaim Asuransi Managemen PT.Equity Life Indonesia Dilaporkan Penģgelapan Di Polda Metro Jaya

290 views
0
SHARE

Jakarta ,Kabarone.com,-Advokat Kartika Liliana SH, laporkan manegemen Asuransi PT.Equity Life Indonesia ke Ditreskrimum Polda Metro Jaya dugaan Penggelapan.

Kartika Liliana SH, merupakan kuasa hukum Devi Yuliana, warga Jalan Darussalam Selatan II RT 003/004, Kelurahan Batusari, Kecamatan, Batu Ceper, Tangerang Banten, ahli waris Alm Yudi, tertanggung Asuransi PT.Equity Life Indonesia. 
 
Laporan Polisi No.LP/B/4171/VIII/2022/SPKT/Polda Metro Jaya, tanggal 13 Agustus 2022, atas nama terlapor Monica Sari, atas dugaan tindak pidana Penggelapan dan atau Penggelapan Premi Asuransi sebagaimana Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 21 UU RI No.2 tahun 1992, tentang usaha Perasuransian.

Terlapor diduga tidak mencairkan kalim asuransi kematian tertanggung Alm. Yudi yang merupakan debitor di PT.Bank Keb Hana Indonesia. Sejumlah alasan dari pihak Asuransi PT.EQuity Life Indonesia untuk menolak permohonan pencairan asuransi jiwa atau kredit rumah tertanggung Alm Yudi, yang  di klaim ahli warisnya Devi Yuliana.
 
Kartika Liliana SH, menyampaikan, terpaksa menempuh jalur hukum membuat laporan Pidana karena pihak Asuransi PT.Equity Life Indonesia yang ditunjuk PT.Bank Keb Hana Indonesia, tidak menyelesaikan tanggungjawabnya sebagai penanggung Asuransi tertanggung berupa komsumsi kredit rumah atas nama Alm.Yudi. Laporan tersebut setelah pihak pelapor melakukan somasi kepada terlapor. 

Kami menilai pihak Asuransi PT.Equity Life tidak ada itikat baik untuk menyelesaikan kewajibannya sebagai pengelola Asuransi uang nasabah yang sudah digunakannya bertahun tahun. “Seharusnya tidak perlu mencari cari alasan untuk menolak pencairan uang atau menyelesaikan kredit rumah Alm.Yudi. Sebab uang yang sudah disetorkan nasabahnya melalui PT.Bank Keb Hana Indonesia merupakan hak nasabah pemilik sertifikat Polis Asuransi atau ahli waris. Oleh karena itu kami berharap pihak Bank yang menunjuk Asuransi PT.Equity supaya memerintahkan pnyelesaian pembayaran kredit rumah Alm.Yudi,” ujar Kartika Liliana. 

Alm. Yudi tidak pernah mendapatkan Polis Asuransi dari PT.Bank Keb Hana Indonesia atau PT.Equity Life Indinesia. Namun PT. Bank BKeb Hana Indonesia hanya memberikan sertifikat Polis dengan nomor BA 007315 dan No Polis yang tertera adalah 08036-01-000 yang memuat nilai pertanggungan saja tidak ada ketentuan polis apapun. 

Kartika Liliana menegaskan, seluruh persyaratan sebagai nasabah asuransi jiwa atau tanggungan kredit sudah dipenuhi Alm Yudi selaku pemegang sertifikat Polis asuransi pada saat pendaftaran nasabah.

Menurut Kartika Liliana SH, semasa hidupnya Alm Yudi pernah mengajukan permohonan kredit di PT Bank Keb Hana Iindonesia, yang dikabulkan dengan penandatanganan Perjanjian Kredit Konsumsi No.139/K/2019 tanggal 15 Maret 2019 sebesar Rp 926.648.500. Kedudukan hukum PT Bank Keb Hana Indonesia adalah lembaga keuangan yang beralamat di Mangkuluhur City Tower One. Jln Jend. Gatot Subroto Kav. 1-3 Jakarta 12930. C.Q. PT.Bank Keb Hana Indonesia, Kantor Cabang Pembantu (KCP) Synergy Alam Sutera beralamat di Gedung Synergy Building Lantai 9 Unit 01-02, Jalan Jalur Sutera Barat, No.17 Alam Sutera, RT.002/RW.003, Panunggangan Timur, Kec. Tangerang, Kota Tangerang. Yang memberi fasilitas kredit konsumsi kepemilikan rumah Alm. Yudi.

Dalam perjanjian kredit komsumsi oleh PT.Bank Keb Hana Indonesia, ada kewajiban yang harus diikuti atau dilaksanakan Alm. Yudi sebagaimana aturan Bank yakni, “Asuransi jiwa debitor atas biayanya sendiri wajib menutup asuransi jiwa dengan Banker’s Clause Bank sesuai dengan jangka waktu fasilitas kredit konsumsi dengan nilai pertanggungan sebesar jumlah pokok fasilitas kredit konsumsi tersebut. 

Sementara perusahaan Asuransi yang ditunjuk PT.Bank Keb Hana Indonesia adalah PT.Equity Life Indonesia. Kedudukan hukum PT.Equity Life Indonesia adalah Perusahaan Asuransi Jiwa yang mengeluarkan produk Asuransi jiwa kredit berupa bancassurance yang ditunjuk Bank Keb Hana Indonesia untuk menutup asuransi jiwa dengan banker’s clause fasilitas kredit konsumsi Alm. Yudi.

Kartika Liliana menambahkan, pihaknya berharap Penyidik Polda Metro Jaya segera memanggil dan memeriksa seluruh manegemen Asuransi PT.Equity Life Indonesia dan manegemen Bak Keb Hana Indonesia yang menghalang halangi klaim Asuransi ahli waris Alm.Yudi,” ungkapnya 2/10/2022. Menyikapi laporan Polisi tersebut saat dihubungi melalui telpon kantor Asuransi PT.Equity Life Indonesia hanya melalui resepsionis, terlapor tidak dapat memberikan tanggapan.

Penulis : P.Sianturi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY