Segera Digelar Jampanal 2023 Kwarda HW Lamongan, Ini Bocoran Acaranya

News608 views

Kabarone.com, Lamongan – Jambore Prestasi Pandu Pengenal (Jampanal) 2023 Kwartir Daerah (Kwarda) Hizbul Wathan (HW) Lamongan dengan bertema ‘Membangun Generasi Muda, Mewujudkan Kebersamaan yang Terampil dan Berkarya’. Kegiatan akan dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Modo, Jum’at-Ahad (24-26/2/2023).

Ketua Panitia penyelenggara Fastabiqul Khoirot mengungkapkan, pendidikan kepanduan Hizbul Wathan adalah proses pendidikan kaum muda dalam membentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan dasar akhlaqul karimah dengan bentuk kegiatannya yang disesuaikan pada perkembangan jiwa pandu HW, untuk mencapai tujuan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yaitu mewujudkan pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader Persyarikatan, umat dan bangsa.

Ia menambahkan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai organisasi otonom, mempunyai visi dan mengemban misi Muhammadiyah dalam pendidikan anak, remaja dan pemuda. Sehingga mereka menjadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader Persyarikatan, umat dan bangsa.

“Berlomba-lomba dalam kebaikan adalah motto kepanduan Hizbul Wathan. Berlomba yang dimaksud adalah mengejar kebaikan dalam berprestasi. Kemenangan akan dicapai namun, kejujuran dalam setiap langkah dalam perlombaan itu hanyalah sebagai alat bukti untuk mencapai tujuan,” tuturnya (20/1/2023).

Biul sapaan akrab dari Ramanda Fastabiqul Khoirot juga menyinggung soal Jampanal ini diselenggarakan. Menurutnya, dalam perlombaan ini diutamakan kejujuran, bukan semata-mata prestasi dalam lomba. Maka dengan ini Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Lamongan melaksanakan kegiatan Jampanal Tahun 2023. Alat kontrol lomba pengenal berprestasi adalah janji dan undang-undang Pandu Hizbul Wathan. Dengan tujuan sejauh mana peserta memahami kode kehormatan nya, sehingga ia menjadi pandu sejati.

Mubarok Sekretaris penyelenggara mengungkapkan terkait bentuk kegiatan. Pertama, lomba-lomba sebagai wahana mengukur prestasi pandu pengenal. Kedua, pembinaan yang di kemas dalam kegiatan tadabur alam. Ketiga, gebyar kreasi seni.

Ia juga menjelaskan terkait maksud dan tujuan dengan adanya kegiatan Jampanal ini, “Pertama, sebagai wahana pertemuan Pandu Pengenal untuk mengembangkan kualitas diri, menambah pengalaman dan meningkatkan SDM. Kedua, mengamalkan motto Fastabiqul Khairat dalam berbagai elemen kehidupan agar mencapai amal terbaik. Ketiga, membangun semangat berjuang untuk mencapai derajat yang lebih tinggi. Keempat, ajang mengukur prestasi pandu HW Pengenal se-Lamongan,” pungkasnya. (Fathan Faris Saputro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *