|Jumat, Oktober 20, 2017
Home » Lipsus » Advetorial » APBD Perubahan Kabupaten Bulungan Naik Jadi Rp 1,5 Triliun

APBD Perubahan Kabupaten Bulungan Naik Jadi Rp 1,5 Triliun 

bulungan
Bagikan

Kabarone.com, Bulungan – APBD Kabupaten Bulungan yang sebelumnya sebesar Rp1,3 triliun bertambah menjadi Rp1,5 triliun dalam penetapan APBD Perubahan 2016 di rapat paripurna DPRD Bulungan pada Rabu (19/10). Namun meski total APBD P bertambah pendapatan Bulungan justru menurun baik PAD maupun dana perimbangan.

“PAD berkurang 18 persen sedangkan dana perimbangan menurun 6 persen,” ungkap Ketua DPRD Bulungan, Syarwani. .

Bupati Bulungan H. Sudjati menjelaskan bahwa PAD berkurang dari Rp 90,5 miliar menjadi Rp73,8 miliar sementara dana perimbangan turun dari Rp980,6 miliar menjadi Rp920,9 miliar. Maka penambahan APBD secara riil bukan penambahan belanja, karena merupakan pergeseran komposisi dari pengeluaran pembiayaan yang harus dianggarkan kembali pada alokasi belanja langsung pada perubahan APBD  tahun anggaran 2016.

“Perubahan APBD ini memformulasikan kembali belanja langsung dan tidak langsung agar sesuai dengan peruntukannya. Formulasi ulang dilakukan terhadap belanja pegawai serta belanja barang dan jasa dengan mengutamakan efisiensi,” ungkapnya.

Bupati pun menyampaikan penghargaan kepada DPRD Bulungan bersama seluruh satuan kerja Pemkab Bulungan yang telah melakukan rasionalisasi anggaran dalam tahapan penyusunan perubahan APBD Bulungan 2016. (Mudi)

Bagikan

Tambah Komentar