|Sabtu, Agustus 19, 2017
Home » Regional » Daerah » Ati Sukses Bangun Desanya, Kini Warga Puuhialu Tak Kesulitan Air Bersih

Ati Sukses Bangun Desanya, Kini Warga Puuhialu Tak Kesulitan Air Bersih 

IMG20170105103857
Bagikan

Kabarone. com, Konawe utara – Warga desa Puuhialu Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara tak lagi kesulitan air bersih, berkat perjuangan warga desa tersebut bersama kepala desanya Ati. Upaya dan kerjakeras seorang pemimpin yang giat dan mau bekerjasama dengan warganya kini menuai keberhasilan dalam pembangunan sarana air bersih berupa pembangunan bak penampungan air dari gunung sekitar empat kilometer lebih dari desanya dan di alirkan ke 60 KK di desa ini.

Saat di temui di kediamannya, Ati mengatakan, “upaya yang kami lakukan bersama warga desa kini sudah membuahkan hasil berupa pembangunan bak penampungan air bersih dan perpipaan sepanjang empat kilometer lebih sehingga kini warga sudah bisa menikmati air bersih setiap saat, kata Ati, Kamis (5/1/17).

Menurutnya, ketersediaan air bersih didesanya selama ini memang sangat minim sehingga warga harus mengangkut air dari desa lain untuk digunakan, baik untuk mencuci, mandi dan bahkan untuk di komsumsi, jelasnya. Sehingga dengan adanya Dana Desa APBN 2016 tahun kemarin kami bersama-sama melakukan Musyawarah Desa (MUSDES) untuk dilakukan pembangunan bak penampungan air dan pengadaan pipa saluran air ke rumah – rumah warga.

“Tak hanya itu, kami juga telah membangun Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan Jalan Usaha Tani (JUT) yang kesemuanya bersumber dari Dana Desa APBN itu,” ungkap Ati.

Keberadaan Sarana Air Bersih ini diharapkan bisa mengurangi beban warga dalam hal ketersediaan air bersih, selain itu ketersediaan MCK diharapkan warga tak lagi kesulitan ketika hendak mandi, mencuci dan membuang air besar, karena jika sembarangan membuang kotoran maka tentunya akan menimbulkan penyakit di masyarakat itu sendiri, terangnya.

Untuk itukah kami berupaya memenuhi hal diatas karena itu merupakan skala prioritas kami, sementara untuk jalan usaha tani kami tingkatkan pembangunannya karena selama ini hanya tanah, dengan menggunakan anggaran yang ada kami berupaya meningkatkan JUT ini agar hasil panen warga bisa dengan mudah di angkut ke tempat tinggalnya ataupun ke tempat penggilingan padi, agar roda perekonomian warga dapat lebih maju, terlebih lagi, ada saya dapat laporan warga bahwa panen warga mengalami peningkatan sampai 40 karung perhektar artinya bisa dikatakan sampai 2 ton lebih perhektar, beber Ati kepala Desa Puuhialu.

Meskipun baru sekitar tiga tahun memimpin desa itu namun kiprahnya membangun desa layak untuk di apresiasi karena sejumlah kegiatan bisa dilakukan dengan dana desa APBN itu. Terkait program KONASARA Konawe Utara Sejahtera dan Beradab yang memprogramkan penanaman jagung, ia mengatakan, kami seratus persen mendukungnya, sehingga para petani kami minta untuk kesiapannnya, namun kedepab kita akan lihat, mengingat wilayah kami ini dilihat dari faktor alamnya nampaknya cocok untuk persawahan karena cenderung tergenang air, akan tetapi kami tetap menunggu petunjuk dari Bupati dan Wakil Bupati Konaqe Utara, apa yang harus kami lakukan, pungkasnya. (Andi Jumawi)

Bagikan

Tambah Komentar