|Kamis, Agustus 17, 2017
Home » Lipsus » Advetorial » Birau ke 56 Kabupaten Bulungan Dipusatkan di Kecamatan Tanjung Palas

Birau ke 56 Kabupaten Bulungan Dipusatkan di Kecamatan Tanjung Palas 

Foto_Birau_2016
Bagikan

Kabarone.com, Bulungan – Birau atau peringatan HUT Tanjung Selor ke 226 dan Kabupaten Bulungan ke 56 tahun 2016 dipusatkan di Kecamatan Tanjung Palas pada Rabu (12/10). Bupati Bulungan, H Sudjati, SH berharap, perayaan Birau dapat melestarikan seni budaya tradisional serta momen meningkatkan komitmen membangun Kabupaten Bulungan.

“Birau yang kita selenggarakan setiap 2 tahun sekali ini seyogyanya dirayakan dengan meriah. Namun tahun ini kita laksanakan secara sederhana,” ucapnya.

Hal ini pengaruh dari adanya defisit serta rasionalisasi pada APBD Bulungan tahun 2016 sehingga pemerintah daerah harus mengencangkan ikat pinggang, berhemat dan efisien. Diharapkan perayaan Birau secara sederhana tidak menghilangkan makna serta nilai budaya dan sejarah.

“Semangat Birau yang telah dilaksanakan sejak masa Kesultanan Bulungan yaitu memupuk semangat kebersamaan serta gotong royong atau Tenguyun dalam bahasa Bulungan,” sahutnya.

Bupati dalam sambutannya berharap, masyarakat Tanjung Palas sebagai pewaris sejarah Kesultanan Bulungan dapat mengapresiasi asset-aset budaya yang dimiliki dengan menghasilkan berbagai produk baik kesenian, adat istiadat, pola hidup, sandang, papan sampai pada makanan khas masyarakat yang dapat diberdayakan menjadi daya tarik wisata.

“Melalui Birau kita juga dapat mengingat sejarah perkembangan daerah mulai dari Kesultanan Bulungan hingga menjadi Kabupaten Bulungan sehingga kita dapat mengambil hikmah dan semangatnya dalam membangun daerah Kabupaten Bulungan yang kita cintai,” urainya.

Perayaan Birau Bulungan 2016 ditandai dengan tradisi Biduk Bebandung atau perahu bergandengan yang menyeberangi Sungai Kayan dari Tanjung Selor ke Kecamatan Tanjung Palas. Tradisi ini sekaligus menyampaikan doa selamat atau tolak bala. Kegiatan lainnya yaitu mengunjungi makam Sultan di Tanjung Palas serta pertunjukan seni budaya di kediaman Datu Bilung di Tanjung Palas. (Mudi)

Bagikan

Tambah Komentar