|Kamis, Agustus 17, 2017
Home » Regional » Daerah » Gubernur Berharap BI Bantu Pengembangan Sektor Perekonomian Kaltara

Gubernur Berharap BI Bantu Pengembangan Sektor Perekonomian Kaltara 

tiny_20170601091149
Bagikan

Kabarone.com, Kaltara – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menerima audiensi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltara Hendik Sudiarto di ruang kerjanya, Rabu (31/5). Pada audiensi itu, turut mendampingi Kalimanto, Kepala Satuan Layanan dan Administrasi BI Provinsi Kaltara serta Edy Pitono, Asisten Manajer pada Unit Layanan dan Administrasi BI Provinsi Kaltara.

Dalam pertemuan itu, dipaparkan pihak BI Kaltara bahwa pada 14 Juli nanti direncanakan digelar grand launching Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara di Kota Tarakan. Turut disampaikan juga oleh sejumlah kegiatan dan fungsi BI Kaltara nantinya, dan peranannya sebagai mitra kerja strategis bagi pemerintah, terutama dalam memberikan rekomendasi kebijakan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengembangkan sektor ekonomi baru yang potensial, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi di Kaltara.

Terkait keberadaan BI Kaltara ini, Gubernur menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan mendukung penuh peran dan fungsi BI dalam membangun provinsi ini. “Dalam setiap pengambilan kebijakan, BI pastinya membutuhkan informasi, data, dan gambaran utuh kondisi perekonomian tidak hanya dari aspek global dan nasional, namun juga aspek ekonomi daerah. Untuk itu, keberadaan BI di berbagai daerah menjadi penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut, selain untuk membangun kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan di daerah,” kata Gubernur.

Dijelaskan Gubernur, penguatan peran Kantor Perwakilan BI di Kaltara perlu dilakukan. Dan, ini menjadi salah satu agenda strategis dalam transformasi BI. “Tentunya, setiap provinsi harus memiliki perwakilan BI. Pertimbangannya, adalah jauhnya jangkauan dari pusat ke daerah, terutama di Kaltara,” jelas Gubernur.

Disebutkan pula, fungsi BI Kaltara diantaranya kewenangan penuh yang meliputi fungsi moneter, pelaksanaan, pengawasan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, surveillance sistem keuangan regional, statistik, pengembangan keuangan inklusif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta komunikasi kebijakan. “Struktur perekonomian Kaltara banyak berasal dari sektor luar tambang. Jadi, melalui kemitraan dengan BI, dapat segera disusun strategis percepatan pertumbuhan ekonomi yang kontinu,” ungkap Gubernur.

Sementara itu, Hendik Sudiarto, kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara menuturkan grand launching kantor BI Kaltara bakal dihadiri Gubernur BI. Namun waktunya, menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Mengingat, pada saat bersamaan tengah berjalan event nasional di Kota Tarakan, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke-24/2017.

Dijelaskan juga, selama ini BI Kaltara sudah menjalankan perannya. Di antaranya, bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Kota Tarakan dan Kaltara membahas sumber inflasi dan mengantisipasi pelonjakan nilai inflasi tersebut. “Kami juga menyiapkan uang edisi 2016 untuk melayani kebutuhan penukaran uang masyarakat selama Lebaran. Dalam hal ini kami bekerjasama dengan Bankaltim dan Kas Keliling ke seluruh kawasan di Kaltara,” tuntasnya.

Guna diketahui, saat ini BI memiliki 46 Kantor Pewakilan di seluruh Indonesia, termasuk Kantor Perwakilan Provinsi Kaltara, serta empat Kantor Perwakilan Luar Negeri di London, New York, Tokyo, dan Singapura. Berdirinya Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara diharapkan dapat mendukung semakin berkembangnya perekonomian di Kaltara dan perekonomian daerah secara umum.(hms)

Bagikan

Tambah Komentar