|Jumat, Oktober 20, 2017
Home » Regional » Daerah » Gubernur Ingatkan Pentingnya Toleransi Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Gubernur Ingatkan Pentingnya Toleransi Dalam Menjaga Keutuhan NKRI 

tiny_20170802092006
Bagikan

Kabarone.com, Kaltara – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie tidak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat di Kaltara, untuk ikut berperan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satunya dengan menjaga toleransi antar umat beragama. Ungkapan tersebut disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kaltara, di Gedung Diklat Kabupaten Bulungan, Selasa (1/8).

Menurut Irianto, peran FKUB sangat penting untuk menjaga masyarakat terhindar dari konflik sosial. Apalagi situasi saat ini begitu kompleks, sehingga membutuhkan peran semua pihak untuk menjaganya.

“Selain itu, dibutuhkan perubahan mindset yang baik dan berpikiran positif. Tugas pemimpin mengubah mindset (cara berpikir). Agama juga menyarankan kita untuk merubah cara berpikir,” ujarnya.

Indonesia, kata Irianto sangat beragam, mulai dari suku adat dan budaya. Dengan perbedaan yang begitu besar, Indonesia masih bisa bersatu. Ini merupakan salah satu indikator yang bangsa yang besar. “Namun di sisi lain Indonesia harus waspada. Dengan adanya isu yang dinilai dapat memecahkan persatuan bangsa,” jelas Irianto.

Perbedaan di Kaltara, menurutnya, harus menjadi sesuatu yang dihargai untuk menjaga persatuan. Apalagi dengan mengembangkan isu kesukuan yang berlebihan. Menurut Irianto ini tugas FKUB untuk menyadarkan umat beragama yang ada di Kaltara.

Karena itu melalui program-program yang bermanfaat, Irianto berharap dapat meningkatkan persatuan di Kaltara. Selain itu, ia juga mengajak agar seluruh umat beragama dapat menjaga toleransi antar umat beragama. “Prinsip toleransi ini harus kita jaga, karena kondisi geografis Indonesia yang memiliki sejumlah keragaman. Pemuka agama jangan jadi provokator yang dapat merusak sendi-sendi dalam beragama,” jelasnya.(Md)

Bagikan

Tambah Komentar