|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Gubernur Kaltara Minta Utamakan Program Prioritas Dalam Penggunaan APBD 2018

Gubernur Kaltara Minta Utamakan Program Prioritas Dalam Penggunaan APBD 2018 

tiny_20170801083957
Bagikan

Kabarone.com, Kaltara – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie Berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), cermat dalam menata anggaran, baik itu anggaran perubahan 2017, maupun rancangan anggaran APBD 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Gubernur dalm arahannya saat memimpin rapat staf yang diikuti seluruh pimpinan OPD di Ruang Rapat Lantai I Kantor Gubernur, Senin (31/07).

Irianto menyampaikan, agar nota pengantar APBD tahun anggaran 2018 segera disiapkan dengan baik. Di samping itu, OPD diminta lebih memaksimalkan kinerja, agar serapan maksimal dapat diwujudkan.

“Pada APBD 2018, saya ingin program perbaikan rumah miskin masih terus berlanjut, serta tidak lupa program dan kegiatan terkait pendidikan dan kesehatan harus tetap pada prioritas utama. Intinya alokasikan dana yang ada untuk hal-hal yang produktif,” ujarnya.

Gubernur menekankan, agar pada APBD 2018 lebih mengutamakan pada program-program prioritas. “Saya meminta agar semua OPD memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang memang mendesak dibutuhkan. Jalan misalnya, utamakan jalan-jalan yang memang sudah bisa dikerjakan. Kalau memang sulit dan masih terkendala, ditunda saja dulu,” kata Irianto.

Sementara untuk daerah perbatasan, Gubernur optimis percepatan pembangunan akan dapat dirasakan masyarakatnya. Apalagi, pada 2018 mendatang, Kaltara akan mendapatkan alokasi yang besar dari APBN. Di mana Kaltara akan mendapatkan alokasi sebesar Rp 3,1 triliun lebih untuk penanganan perbatasan. Dana ini akan dikelola melalui beberapa kementerian terkait.

“Semoga apa yang menjadi upaya kita dalam memajukan perbatasan dapat terwujud mengingat kita mendapat dukungan positif dari pusat,” kata Irianto.

Terkait nota anggaran perubahan tahun 2017 yang telah diajukan ke DPRD Provinsi Kaltara, gubernur meminta kepada Sekretaris Provinsi dan para asisten, untuk mencermati anggaran perubahan. Selanjutnya, dikarenakan dalam APBN tidak adanya penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kalimantan Utara pada anggaran perubahan tahun 2017, saya harap dapat menyesuaikan,” tutur Irianto lagi.

Selain membahas mengenai anggaran, rapat kemarin juga membahas mengenai rangkaian rencana kegiatan Gubernur dalam dua pekan ke depan.

Beberapa agenda terdekat yang akan diikuti, di antaranya Rapat Koordinasi (Rakor) tentang lingkungan hidup bersama para gubernur se Indonesia yang akan dipimpin langsung oleh Presiden pada 3 Agustus besok.

Sehari sebelumnya, bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup, akan ada pemberian penghargaan Kalpataru kepada salah satu tokoh lingkungan dari Kaltara, yaitu Lefrand A Singal, warga Kabupaten Bulungan. Pada saat bersamaan, masih dalam rangkaian hari lingkungan hidup, dua sekolah dasar negeri (SDN) di Kaltara, yaitu SDN 006 Tanjung Selor dan SDN 003 Nunukan juga akan menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017.

“Agenda lainnya, Provinsi Kaltara bersama Kabupaten Nunukan juga akan menerima penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), yaitu Penghargaan Inagara Award pada 7 Agustus pekan depan,” lanjutnya.

Hal lain yang dibahas dalam rapat tersebt, adalah mengenai persiapan untuk peringatan HUT RI yang ke-72 pada 17 Agustus nanti. Gubernur menginginkan, agar saat upacara nanti, ataupun pada malam resepsi ada pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh masyarakat, maupun pihak-pihak yang memiliki prestasi atau telah memberikan kontribusi untuk daerah.

“Nanti melalui OPD terkait yang akan mengatur teknisnya, dan bagaimana kriterianya. Seperti contoh, siswa atau guru teladan dari nanti dinas pendidikan. Kemudian dokter teladan, melalui dinas kesehatan. Begitu juga dengan yang lain. Standar penilaiannya, bisa mengikuti seperti yang di pusat. Namun ini untuk penghargaan dari Provinsi atau Gubernur,” terang Irianto. Masih berkaitan dengan HUT RI, gubernur juga menjadwalkan untuk menghadiri perayaan HUT RI di perbatasan RI, yaitu di Krayan, Nunukan. (Md)

Bagikan

Tambah Komentar