|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Hadiri Panen Raya, Wagub Minta Konawe Tingkatkan Produksi

Hadiri Panen Raya, Wagub Minta Konawe Tingkatkan Produksi 

FB_IMG_1448510998795
Bagikan

Kabarone.com, Konawe – Pemerintah daerah Kabupaten Konawe, Rabu ( 25/11) melaksanakan panen raya di lokasi sawah percontohan di Kecamatan Wawotobi. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, M. Saleh Lasata, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, sejumlah pejabat SKPD Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Provinsi, Pemerintah Kabupaten Konawe ( Instansi terkait ) DPRD Konawe dan Tentara Nasional Indonesia ( TNI ).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sultra, M.Saleh Lasata mengungkapkan rasa syukur karena di tengah musim kemarau panjang ini, Kabupaten Konawe masih melaksanakan panen raya.

” Satu kesyukuran kita, karena di musim kemarau panjang ini beberapa daerah di Sultra masih bisa panen raya, sementara ada di daerah – daerah lain yang banyak mengalami gagal panen,” ungkapnya.

Dikatakannya, Kabupaten Konawe merupakan daerah yang memiliki surflus padi terbaik dan terluas Sultra. Selain itu kata dia, Konawe merupakan salah satu penopang pangan di Sultra namun masih harus ditingkatkan lagi.

” Konawe merupakan salah satu penopang pangan di Sultra namun produktifitasnya masih harus ditingkatkan lagi,” katanya.

Menurut M.Saleh Lasata, selama ini hasil pertanian si Sultra pada umumnya diolah di luar daerah tempat industri pengolahan. Daerah tersebut mengolah dalam bentuk barang jadi berkemasan lalu dijual di pasaran.

” Rata – rata bahan dasarnya dibeli di sini. Misalnya gabah dibawa ke daerahnya kemudian dikemas lalu diberi merk dagang asal daerah mereka. Sehingga kerugian ini bukan saja secara materil tetapi juga merugikan identitas daerah penghasil sebenarnya,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan hasil sumber daya alam ( SDA ) di Sultra banyak memberikan keuntungan provinsi lain , bahkan keuntungan itu bisa mendongkrak APBD nya sekitar triliunan rupiah.

” Saya sarankan agar pengolahan gabah menjadi beras bisa diolah langsung di Konawe itu sendiri,” pungkasnya. ( Suk )

Bagikan

One Response to Hadiri Panen Raya, Wagub Minta Konawe Tingkatkan Produksi

  1. Virtual Private Servers

    Selain produktivitasnya yang tinggi, benih unggul padi MSP juga tahan cuaca tidak menentu, seperti saat sekarang. Oleh karena itu, kedepan pertanian di wilayah desanya akan menambah perluasan lahan untuk penanaman benih padi jenis itu, setelah dilakukannnya panen raya oleh presiden,” pungkasnya.

     

Tambah Komentar