|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Hari Kesehatan Nasional ke 51, Bulungan Gelar Jambore Posyandu se-Kabupaten

Hari Kesehatan Nasional ke 51, Bulungan Gelar Jambore Posyandu se-Kabupaten 

th_Jambore_Kader_Posyandu
Bagikan

Kabarone.com, Bulungan – Sebanyak 102 kader posyandu se-Kabupaten Bulungan mengikuti kegiatan jambore yang pembukaannya berlangsung di halaman Kantor Dinkes Bulungan pada Selasa. Jambore Kader Posyandu yang baru pertama kali dilaksanakan di tingkat Kabupaten Bulungan berlangsung pada 09 – 13 November 2015, sekaligus menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional ke 51 yang jatuh pada 12 November.

Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, dr Hj Aryani Arsyad mengatakan ada 9 kegiatan yang dilaksanakan selama jambore yang turut dihadiri pula oleh perwakilan Kementerian Kesehatan. Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Dinkes itu antara lain lomba asah terampil, cipta menu sehat, lomba kreasi serta cipta lirik dari lagu.

“Diharapkan kegiatan menjadi ajang meraih prestasi dan menjalin silaturrahmi sesama kader posyandu di Bulungan dalam semangat saling asah, asih dan asuh,” ungkapnya.

Pembukaan jambore ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj Bupati Bulungan, Syaiful Herman yang dalam sambutannya berpesan, agar kader posyandu tetap semangat menjalankan tugas dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Dijelaskan, adanya program posyandu terintegrasi tidak hanya membantu ibu dan bayi, tapi juga menumbuhkembangkan program-program usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

“Ini kegiatan yang pertama di ibukota kabupaten, Tanjung Selor, tahun depan kita harapkan di kecamatan-kecamatan lain di Bulungan,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan melaksanakan jambore tahun depan di kecamatan di luar Tanjung Selor maka dapat menjadi wadah bertukar ilmu dan pengetahuan antar kecamatan.

“Contoh bila di 1 kecamatan terdapat kasus gizi buruk misalnya, maka 9 kecamatan lain dapat langsung turun ke lapangan untuk membantu dalam kegiatan jambore, sekaligus saling bertukar informasi. Kader posyandu di satu kecamatan juga dapat lebih mengenal wilayah kecamatan lainnya,” tukasnya.

Pj Bupati dalam kesempatan itu juga tak ketinggalan berpesan, agar para kader posyandu tidak hanya bertugas membantu kesehatan ibu dan bayi tapi juga anak dan ayah sebagai satu keluarga yang utuh.

“Demi terwujudnya generasi yang sehat, cerdas dan berahlak mulia sebagaimana menjadi tema kegiatan jambore kader posyandu,” ungkapnya. (Mudi)

Bagikan

Tambah Komentar