|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Kabupaten Konawe Masih Potensi Untuk Penempatan Transmigrasi

Kabupaten Konawe Masih Potensi Untuk Penempatan Transmigrasi 

wilayah-kabupaten-konawe-kabupaten-konawe
Bagikan

Kabarone.com, Konawe – Tahun anggaran 2016, Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyiapkan calon lokasi penempatan transmigrasi sekitar 75 KK ( Kepala  Keluarga ) di desa Parudongga, Kecamatan Routa, Konawe.

Hal ini dikatakan oleh Kepala dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Konawe, Ir.Joni Pisi, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (28/10/2015).

“Tahun 2016 kita punya calon lokasi penempatan transmigrasi kurang lebih 75 KK dan itu sudah disetujui oleh pemerintah pusat.Sudah ada dokumen tekhnis termasuk RTSP,RKT dan malah DIPA nya itu sudah disetujui,” katanya.

Menurutnya, syarat untuk menentukan calon lokasi transmigrasi harus memenuhi dua unsur yakni kejelasan status lahan serta kelayakan lahan tersebut.

“Sebelum menempatkan transmigrasi kita melakukan identifikasi kehidupan terlebih dahulu.Yang tak kalah pentingnya itu kejelasan lahan dan pasca penempatan transmigrasi tersebut mau hidup dengan cara bagaimana,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk calon lokasi penempatan transmigrasi tersebut ( Kecamatan Routa- red) disana banyak potensi sumber daya alam yang bakal dikelola oleh mereka yang akan menempati lokasi itu.

“Yang paling potensial disana selain tanaman holtikultura dan palawija, yang potensial itu tanaman lada. Untuk potensi perkebunan itu cengke, coklat, kelapa sawit dan budidaya ikan air tawar. Dan itu merupakan sumber kehidupan utama,” kata Joni Pisi.

Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah di desa Parudongga Kecamatan Routa ini, diharapkan penghuni lokasi transmigrasi itu betah untuk tinggal dan menetap di sana. Dengan ditempatkannya mereka nanti disana tentu diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup keluarga mereka.

Lebih lanjut kata dia, kedepan pemerintah Kabupaten Konawe bakal membangun Kota Terpadu Mandiri ( KTM ). Wilayah yang saat ini masuk dalam peta untuk sasaran pembangunan KTM tersebut yakni Kecamatan Abuki, Unaaha, Wawotobi dan Kecamatan Lambuya.

” Kita ini lagi persiapkan administrasi penyusunan rencana kawasan transmigrasi nya untuk KTM.Setalah semuanya siap, Insya Allah kita ajukan dan 2016 kita juga akan membangun Kota Terpadu Mandiri, ” pungkasnya.( Suk )

Bagikan

Tambah Komentar