|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Musim Hujan Diperkirakan Masih Lama, Persediaan Air Tersisa Di Tiga Waduk

Musim Hujan Diperkirakan Masih Lama, Persediaan Air Tersisa Di Tiga Waduk 

gondang bln agustus1
Bagikan

Kabarone.com, Lamongan – Dari 44 waduk dan rawa yang ada di Lamongan, hanya tersisa tiga waduk yang masih memiliki cadangan air. Yakni diantaranya Waduk Prijetan, Waduk Gondang dan Waduk Caling. Sementara diperkirakan, musim hujan di Kabupaten Lamongan baru akan terjadi pada akhir Nopember atau bahkan di awal Desember.

Meskipun cadangan air di Waduk tersebut sudah tidak bisa dikeluarkan karena akan merusak struktur waduk, namun masyarakat sekitar Waduk Caling dan Prijetan ada yang mengambil secara manual dengan menggunakan jerigen. Kepala Dinas PU Pengairan pun menghimbau agar para masyarakat yang mengambil di waduk secara manual itu tidak sampai menghabiskan seluruh air di waduk. Karena menurutnya selain akan mengganggu konstruksi, juga dikhawatirkan sumur warga sekitar akan ikut mengering.

Kepala Dinas PU Pengairan Supandi melalui Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo dalam pers rilisnya, Rabu (21/10), mengungkapkan bahwa sampai dengan 10 Oktober lalu, air di Waduk Prijetan masih tersisa sebanyak kurang lebih 200.859 m3, sementara Waduk Gondang sebanyak sekitar 1.700.000 m3 dan Waduk Caling masih ada sektar 10.000 m3.

“Untuk meningkatkan kapasitas tandon air, melalui P-APBD 2015 ini Dinas PU Pengairan melakukan normalisasi pada lima waduk yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. Yakni Waduk Sepanji, Waduk Mojomanis, Waduk Kedungdowo, Waduk Canggah dan Waduk Joto,” Ungkapnya.

Melalui pos anggaran yang sama, lanjutnya, juga akan dilakukan normalisasi terhadap 33 waduk desa, seperti Waduk Desa Brengkok dan Desa Lembor Kecamatan Brondong, Waduk Desa Maindu dan Waduk Desa Sidobangun Kecamatan Kedungpring, Waduk Kaliwates Kecamatan Kembangbahu, dan Waduk Desa Sukobendu Kecamatan Mantup.

“Sedangkan melalui pos dana APBN, akan dinormalisasi tiga Daerah Irigasi (DI), yakni DI Rawa Kwanon Kecamatan Pucuk, DI Rawa Sogo Kecamatan Babat, dan DI Rawa Manyar Kecamatan Sekaran,” paparnya.

Selain itu, menurutnya, melalui dana APBN, sebanyak 10 waduk juga akan dinormalisasi yang diantaranya yakni Waduk Dukuh Kecamatan Tikung, Waduk Takaran Kecamatan Tikung, Waduk Kedungdowo Kecamatan Kembangbahu, Waduk Maduran Kecamatan Maduran, Waduk Sumurgung Kecamatan Laren, Waduk Canggah Kecamatan Sarirejo, Waduk Tuwiri Kecamatan Tikung, Waduk Kuripan Kecamatan Babat, Waduk Delikguno Kecamatan Tikung dan Waduk Makam Santri Kecamatan Laren. (Ipl)

Bagikan

One Response to Musim Hujan Diperkirakan Masih Lama, Persediaan Air Tersisa Di Tiga Waduk

  1. Hosting

    Memasuki hari keenam bulan ini, cuaca di Jakarta dan sekitarnya diperkirakan berawan, tapi tak sampai turun hujan pada pagi ini, 6 Maret 2016.

     

Tambah Komentar