|Minggu, Juni 25, 2017
Home » Regional » Daerah » Sekprov Kaltara Himbau ASN Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sekprov Kaltara Himbau ASN Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat 

tiny_20170512073941
Bagikan

Kabarone.com, Kaltara – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara), H Badrun mengimbau agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) fokus pada pelayanan masyarakat. Ini disampaikannya, setelah menerima informasi dari kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Muhammad Ishak usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2017 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/5). Acara gelaran Badan Kepegawaian Nasional (BKN) itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres), H Jusuf Kalla.
“Sesuai dengan arahan Wapres bahwa pelayanan kepada masyarakat itu dapat dilakukan secara maksimal, yaitu dengan menggunakan teknologi. Sehingga, yang dilakukan ASN harus punya tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inti pokoknya adalah meningkatkan pelayanan agar pelayanan birokrasi juga akan meningkat,” kata H Badrun.
Menurut H Badrun, teknologi itu dapat membantu ASN dalam memberikan pelayanan menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. “Tak dipungkiri kemajuan teknologi itu dapat mempercepat segalanya, termasuk pelayanan publik bagi masyarakat. Adanya sistem layanan e-Government, mampu menciptakan tata kelola pemerintahan serta membuat proses pelayanan publik bagi masyarakat yang tak hanya cepat tapi juga transparan dan akuntabel,” jelas H Badrun.
Selain itu, sistem ini harus didukung dengan infrastruktur teknologi yang memadai, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang menanganinya. “Penerapan e-Government ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan kita pada masyarakat, dan adanya teknologi ini pasti akan membantu kita,” papar H Badrun.
Dalam Rakornas yang mengangkat tema “Transformasi Digital Dalam Manajemen ASN” tersebut, dibahas sejumlah isu strategis yakni perubahan kebijakan manajemen SDM aparatur, modernisasi pelayanan kepegawaian, sistem informasi ASN yang terintegrasi, alih status PNS sebagai dampak dari reorganisasi kementerian/lembaga dan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 serta efektivitas pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan manajemen ASN. “Menindaklanjuti arahan Wapres itu, akan digelar Rakor Kepegawaian tingkat Provinsi Kaltara di Kabupaten Malinau pada 23 Mei nanti,” urai H Badrun.

Dalam Rakornas itu juga diumumkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang sukses menggondol BKN Award. Di sesi ini, Kaltara pun menorehkan prestasi lewat BKD Kota Tarakan yang berhasil memperoleh BKN Award untuk kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Tipe C. “Atas raihan Pemkot (Pemerintah Kota) Tarakan melalui BKD-nya, kami ucapkan selamat dan semoga daerah lain di Kaltara dapat meniru hal baik ini,” tuntasnya. Guna diketahui, Rakornas tersebut dihadiri Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji,  Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, Direktur Utama Tabungan dan Asuransi Pensiun (Dirut Taspen) Iqbal Latanro, Komisioner KASN, serta para pejabat daerah.(hms)

Bagikan

Tambah Komentar