|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Tingkatkan Kualitas SDM, Gubernur Terbitkan Pergub Beasiswa Kaltara Cerdas

Tingkatkan Kualitas SDM, Gubernur Terbitkan Pergub Beasiswa Kaltara Cerdas 

irianto-lambrie
Bagikan

Kabarone.com, Kaltara – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H. Irianto Lambrie telah menetapkan Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltara Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Pada 20 April lalu. Pergub ini berkaitan dengan penerapan Program Beasiswa Kaltara Cerdas.

Dikatakan Gubernur, bahwa Beasiswa Kaltara Cerdas merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membantu dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

“Untuk efektivitas dan optimalisasi pengelolaan beasiswa itu, sehingga lebih tepat sasaran, jumlah dan waktu, maka Pergub ini diterbitkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemberian beasiswa tersebut,” kata Gubernur, Selasa (25/7).

Mengiringi Pergub tersebut, juga telah dilakukan penyusunan petunjuk teknis (Juknis) pemberian beasiswa melalui Program Beasiswa Kaltara Cerdas. “Pergub dan Juknis ini sebelumnya dalam tahap revisi, tapi semuanya sudah selesai dikerjakan,” urai Gubernur.

Dengan telah ditetapkannya Pergub dan Juknis mengenai pemberian Beasiswa Kaltara Cerdas maka sedianya penyaluran bantuan beasiswa untuk pelajar maupun mahasiswa di Kaltara dapat segera direalisasikan. “Berdasarkan informasi Biro Hukum, lantaran produk hukum terkait penyaluran Beasiswa Kaltara Cerdas sudah terbit maka, untuk hal-hal teknis dan lainnya dikembalikan kepada pihak terkait, dalam hal ini Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara,” jelas Gubernur.

Diinformasikan pula bahwa Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara telah merevisi Juknis mengenai pemberian Beasiswa Kaltara Cerdas. Dan, kini siap untuk dikoordinasikan dengan Pemprov Kaltara. Harapannya, juknis tersebut menjadi lebih kredibel dan selaras dengan amanat Pergub No. 28/2017.

Dipaparkan pula, anggaran yang dikucurkan Pemprov Kaltara untuk pemberian Beasiswa Kaltara Cerdas ditambah dengan operasional Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara sekitar Rp 12 miliar. Ditargetkan, selambatnya awal Agustus nanti Beasiswa Kaltara Cerdas sudah dapat disalurkan. (md)

Bagikan

Tambah Komentar